AL-QAEDA YAMAN UMUMKAN KEMATIAN PIMPINANNYA

Serangan drone Amerika Serikat menargetkan Al-Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP). (Foto: AA)
Serangan drone Amerika Serikat menargetkan Al-Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP). (Foto: AA)

Sanaa, 29 Sya’ban 1436/16 Juni 2015 (MINA) – Al-Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP) mengumumkan kematian pemimpinnya, Nasser Al-Wuhayshi, dalam serangan udara Amerika Serikat (AS) di Yaman, Selasa (16/6).

Sebuah video yang diterbitkan oleh kelompok di Twitter menunjukkan anggota senior AQAP Khaled Batarfi mengatakan, Sheikh Abu Hurairah (Qassim Al-Rimi), dipilih menggantikan Al-Wuhayshi.

Namun video tersebut tidak dapat diverifikasi secara independen.

Al-Wuhayshi adalah salah satu pemimpin Al-Qaeda yang paling dicari di Semenanjung Arab dan merupakan sekretaris Osama bin Laden .

Pemerintah Yaman mengatakan pada Mei lalu, Al-Qaeda tetap aktif di beberapa bagian selatan negara itu dengan melakukan serangan sporadis terhadap personil keamanan dan juga terhadap militan Houthi.

AQAP merupakan cabang Al-Qaeda yang paling ditakuti oleh AS karena dianggap paling aktif di dunia.

Pada awal Februari, AQAP mengaku bertanggungjawab atas serangan kantor majalah satir atheis di Paris yang menewaskan 12 orang, termasuk beberapa kartunis senior yang pernah menggambar karikatur Nabi Muhammad.

Di tengah berlangsungnya konflik di Yaman, AQAP beberapa kali mengambil keuntungan dari kekacauan keamanan dengan melakukan serangan terhadap pasukan pemerintah atau milisi Houthi. (T/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0