Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Amalan-Amalan di Bulan Rabiul Awal

Widi Kusnadi Editor : Rudi Hendrik - Sabtu, 7 September 2024 - 11:24 WIB

Sabtu, 7 September 2024 - 11:24 WIB

11 Views

Rabiul Awal adalah bulan ketiga dalam kalender Hijriah dalam Islam. Bulan tersebut memiliki banyak keistimewaan bagi umat Islam. Maka, selayaknya umat Islam mengisi bulan tersebut dengan amalan-amalan yang istimewa lagi mulia.

Sejarah mencatat, keistimewaan utama bulan Rabiul Awal adalah kelahiran Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Mayoritas ulama berpendapat, beliau lahir pada tanggal 12 Rabiul Awal tahun Gajah (20 April 571 Masehi). Kelahiran beliau membawa perubahan besar dalam peradaban manusia dan menjadi awal dari penyebaran ajaran Islam. Di bulan itu pula, Baginda Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam wafat.

Peristiwa Hijrah Nabi Muhammad Shallallahu laihi Wasallam dari Makkah ke Madinah juga terjadi pada bulan Rabiul Awal, tepatnya pada 622 Masehi. Hijrah ini menandai dimulainya era baru dalam penyebaran Islam dan menjadi awal penetapan kalender Hijriah.

Pada Rabiul Awal pula didirikannya masjid pertama dalam sejarah Islam, yaitu Masjid Quba di Madinah. Masjid ini menjadi tempat ibadah dan pusat kegiatan umat Islam pada masa itu.

Baca Juga: Pilkada 2024 Ajang Merajut Persaudaraan

Shalat Jumat pertama yang dilakukan oleh Rasulullah dan para sahabatnya dilaksanakan pada bulan Rabiul Awal ketika mereka berhijrah dan sampai di Madinah.

Amalan-Amalan di Bulan Rabiul Awal

Berikut ini beberapa amalan yang bisa kita lakukan, khususnya di bulan Rabiul Awal sehingga kita semua bisa menambah amal shalih di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala:

1. Berdoa di Awal Bulan
Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam mengajarkan doa ketika kita masuk di awal bulan hijriah:

Baca Juga: Kisah Perjuangan Relawan Muhammad Abu Murad di Jenin di Tengah Kepungan Pasukan Israel

اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَالْإِيْمَانِ وَالسَّلاَمَةِ وَالْإِسْلاَمِ، رَبِّيْ وَرَبُّكَ اللَّهُ

Latin: Allahumma ahillahu ‘alainaa bil yumni wal iimaan, was salaamati wal islaam, robbi wa robbukallah.

Artinya: “Ya Allah, perlihatkanlah bulan ini kepada kami dengan kebahagiaan, keimanan, keselamatan, dan keislaman. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah.” (HR At-Tirmidzi)

2. Memperbanyak Shalawat
Memperbanyak shalawat kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan. Dalam sebuah hadits, Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

Baca Juga: Doa Hari Jumat yang Diamalkan Rasulullah

Perbanyaklah shalawat kepadaku pada hari Jumat.” (HR Abu Hurairah r.a.)

3. Membaca dan Memahami Sirah (sejarah) Nabi
Mempelajari kehidupan Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam melalui sirah (biografi) beliau dapat meningkatkan kecintaan dan penghormatan kita kepada beliau. Ini juga merupakan cara untuk meneladani akhlak dan perbuatan beliau.

4. Mengadakan Majelis Maulid Nabi
Mengadakan majelis untuk memperingati Maulid Nabi adalah tradisi yang baik. Dalam majelis ini, biasanya dibacakan kisah kelahiran Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dan diiringi dengan shalawat. Imam Suyuthi mengatakan:

Tidak ada rumah, masjid, atau tempat yang dibacakan maulid Nabi kecuali malaikat akan mengelilingi tempat tersebut dan Allah akan melimpahkan rahmat dan rida-Nya.” (HR Suyuthi)

Baca Juga: Kepemimpinan Umat Islam dan Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia

5. Puasa Sunnah
Berpuasa sunnah, terutama pada hari Senin, sangat dianjurkan di bulan Rabiul Awal. Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam ditanya mengenai puasa hari Senin. Beliau menjawab; Itu adalah hari aku dilahirkan, pada hari itu aku diutus dan pada hari itu aku mendapatkan wahyu.” (HR Muslim)

6. Bersedekah
Bersedekah kepada yang membutuhkan adalah amalan yang sangat dianjurkan. Dalam Al-Qur’an, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

Wahai orang-orang yang beriman, infakkanlah sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari ketika tidak ada lagi jual beli, tidak ada lagi persahabatan, dan tidak ada lagi syafaat. (QS. Al-Baqarah [2]: 254).

Baca Juga: Turkiye dari Eropanisasi, Stres, Hingga Reislamisasi

6. Membaca Al-Qur’an
Meningkatkan bacaan Al-Qur’an dan mengkhatamkannya di bulan Rabiul Awal adalah amalan yang sangat baik. Ini adalah bentuk ibadah yang dapat mendekatkan diri kita kepada AllahSubhanahu wa Ta’ala.

7. Berdoa untuk Kesejahteraan Umat Islam
Berdoa untuk kesejahteraan umat Islam di seluruh dunia adalah amalan yang sangat dianjurkan. Doa adalah senjata bagi orang beriman dan cara untuk memohon pertolongan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Saat ini rakyat Palestina, khususnya di Gaza masih dalam penjajahan Zionis Israel. Maka mari kita doakan mereka agar segera mendapatkan kemerdekaan, kebebasan dan Masjid Al-Aqsa kembali ke pangkuan kaum Muslimin.

Tentunya, selain amalan-amalan di atas, ibadah wajib dan sunnah lainnya juga bisa kita lakukan di bulan ini. Itu semua juga dapat menjadi amal mulia di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala. Wallahu a’lam bis shawab.

Baca Juga: Demo Warga Israel atas Netanyahu yang Makin Meluas

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

Kolom