Amankan Pendanaan Internasional Hamas Kembangkan Sistem Bitcoin

Brigade Izzuddin Al-Qassam. (Foto: Time of Israel)

London, MINA – telah meluncurkan program eksperimental yang menggunakan sistem cryptocurrency yang kompleks untuk mengumpulkan uang dari donor internasional.

Sayap militer Hamas, Brigade Izzuddin Al-Qassam menyerukan sumbangan mata uang digital pada Januari lalu, meminta donor untuk mengirim pembayaran ke satu alamat digital, menurut laporan Reuters pada Jumat (26/4).

Dalam beberapa pekan terakhir, grup ini menyesuaikan pendekatannya, dengan situs webnya menghasilkan alamat digital baru untuk setiap transaksi, demikian Times of Israel melaporkan.

Menurut perusahaan analisis Elliptic, alamat online yang terus berubah sulit untuk dilacak dan dikendalikan oleh regulator.

Dari 26 Maret hingga 16 April, para donor mengirim Hamas sekitar 3.300 dolar AS melalui mekanisme baru. Ini adalah jumlah yang relatif kecil dibandingkan dengan pendanaan yang diterima dari Iran dan sumber-sumber lain.

Namun kata para pengamat, perkembangan baru bisa menjadi tanda hal-hal yang akan datang.

Hamas masih dalam “tahap percobaan” ketika menggunakan cryptocurrency, kata salah seorang pendiri Elliptic, Tom Robinson kepada Reuters. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.