Anggaran Kemendikbud 2020 Bertambah 599 M, DPR Minta Penjelasan

Jakarta, MINA – Anggaran untuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan () tahun 2020 direncanakan bertambah sebesar Rp 599.858.869.280 (599 miliar) di bagian Sekretariat Jendral untuk pembangunan gedung kantor Kemendikbud di Cipete, Jakarta Selatan.

Komisi X RI meminta Kemendikbud memberikan penjelasan secara komprehensif terkait penambahan anggaran Tahun Anggaran 2020 itu.

“Kami belum dapat membahas sebelum mendapat penjelasan dari Kemendikbud serta mendapatkan surat dari Kementerian Keuangan RI dan Bappenas RI. Pasalnya berdasarkan risalah rapat empat kali berturut-turut kemarin, tidak ada pemaparan tentang penambahan anggaran untuk pembangunan. Kami butuh penjelasan secara komprehesif,” kata Wakil Ketua Komisi X DPR RI Reni Marlinawati di ruang rapat Komisi X DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (11/9).

Pagu anggaran Kemendikbud tahun 2020 yang disetujui sejumlah Rp 35,701 triliun.

Di samping itu, Anggota Komisi X DPR RI Ledia Hanifah Amalia meminta Kemendikbud untuk tidak mengesampingkan pengembangan pendidikan bagi kaum disabilitas.

“Ada hal yang tidak boleh luput dari pembicaraan dalam persetujuan pagu anggaran Kemendikbud. Pertama, peraturan turunan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas terutama tentang pendidikan, Peningkatan kualitas SLB (Sekolah Luar Biasa), standar pelayanan untuk sekolah inklusi, peningkatan guru di sekolah inklusi. Supaya ke depan kita perlu memberikan perhatian yang khusus terkait ini,” tegas Ledia.

Dalam rapat ini, Anggota Komisi X lainnya, Amran juga menyuarakan evaluasi terhadap program Kartu Indonesia Pintar (KIP) agar tepat sasaran.

“KIP yang belum tepat sasaran menurut saya perlu dievaluasi, terutama terkait penginputan data siswa. Ada beberapa sekolah yang orang tuanya tidak mau mencairkan beasiswa itu, karena orang tuanya bekerja sebagai PNS. Kemudian ada pula kejadian tidak ada dana tersedia di perbankan atau ada dana tapi tidak ada yang mengambil,” tambah Amran. (R/R10/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.