Anggota Komisi I Apresiasi Menlu Panggil Dubes AS

Jakarta, MINA – Anggota DPR, ,  mengapresiasi langkah cepat yang dilakukan Menlu RI Retno Marsudi, dengan memanggil Dubes AS Joseph R Donovan Jr. terkait dengan isu Amerika Serikat akan memindahkan Kedubesnya ke terkait pemindahan ibukota ke Jerusalem dari Tel Aviv.

“Sangat positif yang dilakukan oleh Bu Retno Marsudi, ini bukti komitmen RI untuk mendukung Kemerdekaan Palestina dan mendukung proses perdamaian yang sedang berjalan”, ungkap Sukamta yang juga sebagai Ketua bidang Pembinaan dan Pengembangan Luar Negeri DPP PKS, dalam keterangan kepada MINA, Selasa (5/12)

Anggota DPR asal Yogyakarta ini berharap Pemerintah Indonesia bisa melakukan langkah-langkah strategis dengan menggalang dukungan dari negara-negara OKI dan juga Eropa untuk menolak pemindahan ibukota Israel tersebut

Terkait adanya rencana Presiden Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel, Anggota Komisi I DPR RI Sukamta menyatakan, hal tersebut jelas akan memicu ketegangan yang luas di Timur Tengah.

“Konflik di Palestina adalah isu super sensitif di Timur Tengah, kami berharap AS bisa bijaksana dalam soal ini,” ujar Sukamta dalam keterangannya kepada MINA, Selasa (5/12).

Semestinya, kata dia, AS konsisten dengan kebijakan yang selama ini dilakukan dengan mendorong perdamaian yang mengarah kepada solusi dua negara. “Isu Yerusalem sebagai ibukota Israel akan mementahkan puluhan tahun pembicaraan damai yang sudah dilakukan,” katanya  . (L/R06/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.