Anggota Kongres Eliot Engel Kecam Pernyataan “Anti-Semit” Ilhan Omar

Washington, MINA – Anggota Kongres Amerika Serika (AS) yang juga menjabat sebagai Ketua Yahudi Komite Urusan Luar Negeri DPR, meminta sesama rekannya asal Demokrat, , untuk meminta maaf atas “cercaan yang keji.”

Pernyataan Engel yang dirilis pada Jumat (1/3) malam itu muncul sehari setelah Omar, wakil dari Minnesota, menuduh aktivis dan anggota parlemen pro-Israel memberikan “kesetiaan kepada negara asing.”

“Saya menyambut debat di Kongres berdasarkan pada manfaat kebijakan, tetapi tidak dapat diterima dan sangat menyinggung untuk mempertanyakan kesetiaan warga negara Amerika karena pandangan politik mereka, termasuk dukungan untuk hubungan AS-Israel,” kata Engel dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh kantornya, demikian Times of Israel meaporkan pada Ahad malam (3/3).

Sebelumnya, Omar mengatakan pada hari Rabu (27/2) di Balai Kota di Washington, “Saya ingin berbicara tentang pengaruh politik di negara ini yang mengatakan tidak apa-apa bagi orang untuk mendorong kesetiaan kepada negara asing.”

Engel yang berasal dari New York, menyebut komentar muslimah itu “sangat mengecewakan.”

Engel mendesak Omar mencabut pernyataannya dan meminta maaf.

Omar yang bersikap membela bangsa Palestina dari kekejaman Israel, kerap melontarkan pernyataan-pernyataan yang menentang Israel.

Awal bulan ini, Omar mengunggah tweet berturut-turut yang menunjukkan bahwa Komite Urusan Publik Israel Amerika (AIPAC), lobi pro-Israel, membayar politisi untuk menjadi pro-Israel.

Para pemimpin Demokrat dan Republik mengecam tweet itu sebagai gema stereotip anti-Semit tentang Yahudi, uang dan kekuasaan. (T/RI-1/R01)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.