ANGKATAN LAUT ISRAEL KEMBALI TEMBAKI KAPAL NELAYAN GAZA

Kapal Nelayan Warga Gaza diserang Israel (Foto : MEMO)
Warga diserang (Foto : MEMO)

Gaza, 8 Shafar 1436/1 Desember 2014 (MINA) –  Kepala serikat nelayan Gaza, Nizar Ayyash mengatakan, Angkatan Laut Israel menembaki kapal nelayan Palestina di lepas pantai Jalur Gaza.

  “Tak ada korban jiwa saat penembakan terjadi,” kata Nizar Ayyash. Angkatan laut Israel menuduh bahwa mereka telah melampaui batas enam mil laut yang tentukan untuk aktivitas penangkapan ikan  di lepas pantai Jalur Gaza. demikian laporan Middle East Monitor (MEMO) dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Senin.

“Angkatan Laut Israel hampir setiap hari menembaki kapal nelayan Palestina dengan dalih bahwa mereka melampaui batas penangkapan ikan yang ditentukan mereka”,ujarnya lagi.

Ayyash mencatat, serangan Israel untuk mempersempit area pencarian nelayan Palestina.

Sebelumnya, Pada Akhir Agustus, Israel mengizinkan nelayan Palestina untuk beraktivitas penangkapan ikan hingga enam mil laut lepas pantai Jalur Gaza.

Sebuah gencatan senjata telah disepakati antara Israel dan Palestina pada 26 Agustus lalu, setelah 51 hari serangan Israel tanpa henti di Jalur Gaza.

Sekitar 50.000 warga Palestina mencari nafkah sebagai nelayan. Meskipun perjanjian gencatan senjata telah disepakati, angkatan laut Israel sering menembak nelayan Gaza dengan dalih bahwa mereka telah melampaui batas zona perikanan.

Dalam perjanjian itu, Israel menetapkan akan memperluas batas laut sejauh enam mil dari pantai Gaza, sehingga nelayan bisa leluasa menangkap ikan. Akan tetapi Israel sering berdalih mereka melebihi batas zona yang ditetapkan. (T/P002/R03)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

Wartawan: kurnia

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0