ANGKATAN LAUT ISRAEL TANGKAP LIMA NELAYAN PALESTINA

Nelayan Palestina
Angkatan Laut Israel sedang patroli di perairan Gaza (Foto: The Palestinian)
Angkatan Laut Israel sedang patroli di perairan Gaza (Foto: The Palestinian)

Gaza, 28 Dzulhijjah 1435 H/22 Oktober 2014 M (MINA0 – Kepala Persatuan Nelayan Palestina, Nizar Ayyash mengatakan, Pasukan Angkatan Laut Israel menangkap lima nelayan Gaza saat memancing di lepas pantai Gaza, Rabu pagi waktu setempat.

Ayyash mengatakan, lima nelayan dari keluarga Bakr ditahan Israel setelah kapal mereka berlayar di lepas pantai Gaza. The Palestinian information center  melaporkan dan dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Rabu.

Dia menunjukkan, pemerintah Israel membenarkan penangkapan itu dengan mengklaim bahwa perahu nelayan telah melampaui enam mil rentang memancing yang diizinkan Israel.

Pada akhir Agustus 2014 lalu, Israel mengizinkan nelayan Palestina berlayar sejauh enam mil dari pantai sebagai bagian dari perjanjian gencatan senjata yang dicapai dengan Hamas di bawah mediasi Mesir.

Menurut Ayyash, ada sekitar 4 ribu nelayan di Gaza yang bergantung pada perikanan sebagai sumber penghasilan utama mereka.

Dia memperkirakan kerugian keseluruhan mereka selama agresi Israel baru-baru ini di Jalur Gaza lebih dari AS $ 6 juta.

Sementara itu, kapal perang Mesir melepaskan tembakan pada Rabu pagi ke perahu nelayan di perairan Palestina yang berlayar dari Rafah, selatan Jalur Gaza.

Sumber-sumber lokal mengatakan, kapal perang Mesir melepaskan tembakan langsung ke arah perahu nelayan Palestina saat berlayar dari Rafah tanpa peringatan sebelumnya.

Sumber itu menambahkan, tidak ada korban luka yang dilaporkan selama insiden serangan tersebut.

Serangan serupa dilaporkan pernah terjadi sebelumnya terhadap nelayan Palestina di mana beberapa dari mereka yang masih ditahan di penjara Mesir. (T/P011/R11)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0