ANGKATAN LAUT ISRAEL TEMBAK KAPAL NELAYAN GAZA

Fishermen
Angkatan Laut Israel Tembaki Kapal Nelayan di Gaza (Photo : Memo)
Angkatan Laut Israel Tembaki Kapal Nelayan di Gaza (Photo : Memo)

Gaza, 8 Rajab 1436/27 April 2015 (MINA) – Pasukan Angkatan Laut Israel, Ahad (26/4), menembak perahu nelayan Palestina di lepas pantai Jalur Gaza, hingga merusak dua kapal tersebut, kata serikat buruh Palestina.

“Kapal perang Israel menembaki ke arah sekelompok perahu warga Palestina di bagian utara Jalur Gaza,” kata Nizar Ayash, kepala Serikat Nelayan di Gaza, sebagaimana Middle East Monitor (MEMO) diberitakan Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Senin.

Dilaporkan tidak ada korban jiwa atas peristiwa itu, namun serangan tersebut mengakibatkan dua perahu nelayan mengalami kerusakan sebagian, tambahnya.

“Pasukan Israel menembak perahu nelayan warga Palestina dengan dalih bahwa nelayan melewati btas penangkapan ikan yang ditetapkan bagi mereka,” kata Ayash. Namun, belum ada komentar dari tentara Israel atas pernyataan Ayash.

Pada akhir Agustus lalu, Israel memperbolehkan nelayan Palestina untuk menangkap ikan sampai 6 mil laut di lepas pantai Jalur Gaza, yang sebelumnya hanya sejauh 3 mil.

Menurut Ayyash, sekitar 50.000 warga Gaza hidup dari usaha menangkap ikan. Ia memperkirakan kerugian gabungan mereka selama perang Israel baru-baru ini di lebih dari 6 juta dolar AS.

Sejak 2006, Israel telah memberlakukan blokade darat, laut dan udara atas seluruh wilayah Jalur Gaza. (T/P002/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Comments: 0