Angkatan Laut Israel Tembaki Nelayan Gaza

nelayan gaza

Gaza, MINA – Pasukan angkatan laut Israel melepaskan tembakan secara brutal ke kapal-kapal nelayan di lepas pantai Jalur Gaza yang dikepung pada Kamis (11/4) pagi.

Dilansir dari Ma’an News, kapal-kapal angkatan laut Israel melepaskan tembakan dan menyemprotkan air ke sejumlah kapal nelayan Palestina di lepas pantai Jalur Gaza utara.

memaksa para nelayan untuk kembali ke pantai. Menurut laporan warga setempat, tidak ada cedera yang dilaporkan.

Menurut Kantor Urusan Kemanusiaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (OCHA), blokade Israel di daerah lepas pantai telah secara serius merusak kemampuan untuk mencari nafkah di laut.

Tentara Israel secara teratur menahan dan menembaki para nelayan, gembala, dan petani Palestina yang tidak bersenjata di sepanjang daerah perbatasan jika mereka mendekati zona penyangga yang dinyatakan secara sepihak.

Kelompok HAM Israel B’Tselem baru-baru ini menyimpulkan, blokade Gaza dan penyerangan terhadap nelayan oleh Israel telah menghancurkan sektor perikanan Gaza, dengan 95 persen nelayan hidup di bawah garis kemiskinan.

Organisasi yang menyuarakan hak warga Palestina, Al-Haq, telah mendokumentasikan banyak kasus agresi Israel terhadap nelayan Palestina di lepas pantai Gaza. Al- Haq menyebut tindakan Israel terhadap para nelayan merupakan hukum kolektif yang menjadikan kondisi ekonomi dan sosial yang sulit di Jalur Gaza. (T/Ais/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)