ANGKATAN LAUT ISRAEL TEMBAKI NELAYAN PALESTINA

Nelayan Palestina menjual ikan di pantai Gaza. (Foto: EPA/Mohammed Saber)
menjual ikan di pantai Gaza. (Foto: EPA/Mohammed Saber)

Gaza, Palestina, 4 Shafar 1437/16 November 2015 (MINA) – Angkatan Laut telah menembaki perahu nelayan Palestina di lepas pantai Jalur Gaza yang terkepung, melukai dua nelayan.

Pejabat keamanan di Jalur Gaza yang berbicara dengan syarat anonim mengatakan, para nelayan Palestina mengalami luka ketika pasukan Israel menargetkan perahu mereka di dekat pantai kota Beit Lahia Senin pagi (16/11), Press TV melaporkan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Sekitar 4.000 nelayan bekerja di Gaza, lebih dari setengahnya hidup di bawah garis kemiskinan.

Israel telah memberlakukan batas memancing bagi nelayan Palestina sejauh tiga mil di perairan lepas pantai Gaza hingga Agustus lalu.

Berdasarkan perjanjian gencatan senjata antara Israel dan Palestina setelah perang 51 hari Israel pada Agustus 2014 di Gaza, Tel Aviv setuju untuk segera memperluas zona perikanan lepas pantai Gaza yang memungkinkan nelayan untuk berlayar sejauh enam mil laut dari pantai.

Perjanjian tersebut juga menetapkan, Israel akan memperluas daerah berlayar secara bertahap hingga 12 mil.

Namun nelayan Palestina mengatakan, Angkatan Laut Israel menembaki mereka sebelum mereka mencapai batas yang telah disepakati.

Selama dua tahun terakhir, pasukan Israel melakukan sekitar 150 serangan terhadap perahu Palestina, menangkap hampir dua lusin nelayan dan menyita sembilan kapal. (T/P001/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0