Anies Baswedan Masuk Daftar 21 Pahlawan 2021

, MINA – Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan masuk daftar 21 Heroes (Pahlawan) 2021 oleh lembaga Internasional Transformative Urban Mobility Initiative ().

bersama 20 orang lainnya yang di dalamnya juga termasuk CEO SpaceX dan Arsitek Produksi Tesla, Elon Musk dan Walikota Paris, Anne Hidalgo, terpilih karena keberhasilan transformasi mobilitas kota yang berdampak pada peningkatan kualitas hidup seluruh warga.

Dalam rilis yang diterima, Jumat (5/2), terpilihnya Anies karena selama kepemimpinannya Jakarta telah mengalami peningkatan signifikan dalam segi transportasi umum massal bahkan selama pandemi Covid-19.

Gubernur Anies juga dinilai telah berhasil mentransformasi sistem angkutan umum massal yang nyaman dan inklusif untuk semua, salah satunya adalah integrasi Bus Rapid Transit yang diimplikasikan ke dalam sistem JakLingko.

Keberhasilan Anies mengintegrasikan halte dengan stasiun commuter maupun Moda Raya Terpadu (MRT) sekaligus melihat peluang adanya pengembangan peluncuran bus listrik untuk operasional transportasi umum massal.

Anies menyebut, pencapaian ini merupakan hasil kerja bersama seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta juga kolaborasi dengan berbagai pihak, sehingga perencanaan sistem transformasi transportasi di Jakarta merupakan bentuk dari partisipasi publik yang dikerjakan dengan baik oleh pemerintah daerah.

“Pencapaian ini adalah hasil kolaborasi dengan berbagai pihak, kami dari awal membuka kesempatan seluas-luasnya bagi publik untuk terlibat dalam perencanaan pembangunan sistem transportasi,” katanya.

Selain itu, Gubernur Anies bersama Pemprov DKI Jakarta juga telah berhasil mengubah paradigma prioritas fasilitas pendukung transportasi, dimana jalan untuk pejalan kaki menjadi prioritas pembangunan, kendaraan bebas emisi (sepeda), transportasi umum massal dan terakhir kendaraan pribadi.

Anies juga gencar melakukan kemajuan dlam revitalisasi trotoar dan pembuatan 63 kilometer jalur sepeda, yang juga telah diganjar STA Award 2020.

atau 21 Pahlawan 2021 adalah ajang untuk menghormati mereka yang mencapai kesuksesan transportasi pada tahun 2020, terlepas dari tantangan bersejarah yang dihadapi (pandemi) dan meletakkan dasar untuk inisiatif mobilitas yang lebih sukses dan berkelanjutan pada tahun 2021.

Individu yang disoroti dalam publikasi ini adalah sekelompok kecil namun kuat, dari banyak orang yang aktif berkontribusi untuk menjadikan mobilitas berorientasi masa depan, aman, inklusif, dan berkelanjutan. (R/SR/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)