Anies Berharap Lebih Banyak Masjid Ramah Lingkungan

, MINA – Gubernur Provinsi DKI Jakarta, berharap semakin banyak masjid di Jakarta yang menerapkan program ramah lingkungan.

“Mudah-mudahan makin banyak lagi masjid di Jakarta yang masuk ke dalam ,” katanya saat menghadiri Pengukuhan Pengurus Wilayah Dewan Masjid Indonesia () Provinsi DKI Jakarta Masa Khidmat 2020-2025 yang digelar secara hybrid di Ruang Pola Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (17/3).

“Dengan begitu pengelolaannya pun bisa menjadi contoh, sehingga akan mengajak masyarakat sekitar untuk juga ramah lingkungan, sekaligus menjadi referensi untuk masjid-masjid di tempat lain,” tambahnya.

Ia menjelaskan, salah satu contoh pengelolaan masjid ramah lingkungan yaitu, memanfatkan air bekas wudhu untuk menyiram tanaman ataupun keperluan lainnya.

“Di masjid, kita memanfaatkan air, dan pemanfaatan air di Jakarta merupakan salah satu barang yang ada unsur kelangkaannya. Apalagi di tempat yang air bersihnya terbatas, sehingga ini perlu ada solusi. Dan kami di DKI sudah menyiapkan panduannya, dan kami siap berkolaborasi lebih lanjut,” jelasnya.

Anies juga berpesan agar para pengurus DMI mampu mendorong dan berkontribusi mewujudkan program pengelolaan masjid ramah lingkungan ini.

“Kami berharap kepengurusan DMI sekarang menempatkan masalah lingkungan hidup sebagai masalah penting untuk diselesaikan. Kontribusi masjid di dalam pengelolaan lingkungan menjadi amat penting,” pesannya.

Selain itu, Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia, mengatakan, masjid dan para pengurusnya harus ikut membuat solusi, termasuk masalah llingkungan untuk menghadapi tantangan yang lebih banyak kedepannya.

“Masjid harus kita makmurkan, tapi lebih penting kita makmurkan masyarakatnya, Saya ucapkan terima kasih atas bantuan partisipasi dan pembinaan masjid di DKI Jakarta,” ujarnya.

Pemprov DKI Jakarta terus mendukung kegiatan keagamaan dengan memberikan bantuan untuk seluruh rumah ibadah semua agama dalam bentuk Bantuan Operasional Tempat Ibadah (BOTI), juga para pekerja agamanya. (R/SR/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)