Anies dan JK Resmikan Masjid Amir Hamzah Taman Ismail Marzuki

Jakarta, MINA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan Masjid Amir Hamzah yang terletak di dalam kompleks Taman Ismail Marzuki,  Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat, pada Jumat (3/7) siang, yang juga dihadiri oleh Ketua Dewan Masjid Indonesia HM Jusuf Kalla.

Peresmian masjid itu juga sekaligus menandai tepat satu tahun progres revitalisasi Taman Ismail Marzuki yang telah dimulai sejak 3 Juli 2019.

“Alhamdulillah. Di hari yang mulia, di hari Jumat, kita memulai pemanfaatan gedung yang sudah selesai dikerjakan oleh Jakpro selama satu tahun terakhir ini. Kita semua bersyukur bahwa semua yang ditargetkan, amanat yang dititipkan bisa dijalankan dengan baik. Dan salah satu bagian dari proses revitalisasi pusat kesenian Jakarta, Taman Ismail Marzuki, salah satunya adalah pembangunan kembali Masjid Amir Hamzah,” ujar Anies dalam sambutannya.

Ia berharap nantinya Masjid Amir Hamzah dapat menjadi bagian dari ekosistem yang sehat untuk memunculkan berbagai macam karya, dengan pertumbuhan dan perkembangan ide/gagasan para seniman.

Menurutnya, masjid sendiri bukan hanya sekadar tempat beribadah namun juga dapat menjadi tempat bertukar pikiran para seniman dari seluruh Indonesia bahkan dunia internasional.

JK dalam sambutannya menyatakan, Masjid Amir Hamzah dapat menunjukkan semangat gerakan masyarakat yang memakmurkan masjid dan sebaliknya, masjid yang memakmurkan masyarakat di sekitarnya.

JK juga berharap agar para seniman dapat memanfaatkan masjid ini sebagai sarana untuk melahirkan karya-karya terbaik di masa depan.

“Kepada seniman tentu kita harapkan memanfaatkan, memakmurkan masjid dengan cara yang berbeda-beda. Di samping ukhuwah, juga mendapatkan suatu ide yang mendapatkan petunjuk dari Allah SWT bagaimana kita mempunyai seniman yang bermanfaat terhadap masyarakat, keindahan kepada masyarakat,” ujar JK. (R/R7/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)