Anies Dorong Penggunaan Sepeda sebagai Alat Transportasi di Jakarta

Dok foto: Aisyah/MINA

Jakarta, MINA – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mendorong penggunaan sepeda sebagai alat transportasi di Jakarta.

“Saya ingin mendorong sepeda sebagai alat transportasi, bagi saya pribadi bukan barang baru. Sepeda yang saya gunakan adalah sepeda yang saya gunakan masa kuliah, yang dari dulu pun saya bersepeda,” ujar Anies saat ditanyai wartawan usai acara Peluncuran Buku Mohammad Natsir di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Sabtu (7/9).

Anies mengatakan, penggunaan sepeda sebagai alat transportasi, bukan sekedar alat olahraga yang kalau bersepada harus memakai peralatan sepatu, baju dan helm yang khusus.

“Saya kembali memanfaatkan sepeda saya dulu untuk alat trasnportasi. Karena itu, saya menganjurkan ketika bersepeda tidak perlu alat-alat khusus, cukup sepeda dan helm. Helm untuk keselamatan dan sepedanya untuk mobilitasnya,” ucapnya.

Dengan begitu, Pemprov DKI menurutnya akan membangun lebih banyak lagi tempat parkir sepeda. “Karena hari ini yang naik sepeda, begitu tiba di kantor tidak  punya tempat parkir,” katanya.

Selain itu, Anies juga menginstusikan kantor-kantor pemerintah, agar menyediakan tempat untuk bersih-bersih, sehingga para pegawai yang ingin menggunakan sepeda dapat membersihkan dirinya setelah bersepeda.

“Saya sudah instruksikan semua kantor-kantor supaya menyiapkan tempat bersih-bersih dan shower,” ujar Anies.

Dalam beberapa waktu terakhir, Anies diketahui seringkali beraktivitas menggunakan sepeda untuk berkantor dari rumah di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, ke Balai Kota, Jakarta Pusat.

Anies juga menggunakan sepeda untuk meninjau tempat-tempat, seperti ke Kota Tua, Hayam Wuruk, Senayan, hingga Kanal Banjir Timur (KBT). Tak jarang Anies juga mengunggah fotonya kala bersepeda di akun instagramnya. (L/Ais/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)