Anies Kunjungi Pulau Terluar Sebira, Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu, MINA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan berkunjung ke Pulau Sebira, Kabupaten Kepulauan Seribu, Selasa (16/4).

Pulau Sebira atau Sabira merupakan pulau terluar dan wilayah paling utara dari Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta, yang telah dihuni sejak tahun 1975.

Pulau ini memiliki mercusuar yang dibangun di zaman kolonial Belanda tahun 1869 yang dinamakan sebagai Noord Wachter (Penjaga Utara).

Ia menumpangi kapal cepat terbaru milik Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta. Anies terkihat ditemani istrinya, Fery Farhati Ganis, bersama rombongan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI.

Kapal yang ditumpanginya singgah di Pulau Sebira sekitar 09.30 WIB. Ia disambut dengan hangat oleh ratusan warga dan tokoh setempat.

Anies langsung mengunjungi Paud Bawal yang dekat dengan dermaga. Sekolah SDN dan SMPN Satu Atap 02 Pulau Sabira juga tak luput dari perhatiannya.

Selain itu, Anies bersama Ketua KPU DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos juga mengecek kesiapan pemilihan umum presiden (pilpres) dan pemilihan umum legislatif (pileg) yang akan berlangsung 17 April 2019. Betty memastikan kesiapan TPS di Pulau Sebira sudah berjalan baik.

Anies pun meninjau pengolahan air payau menjadi air minum atau disebut dengan Backrish Water Reverse Osmosis (BWRO) dan lokasi genset di permukiman warga memastikan penyediaan listrik 24 jam yang baru beroperasi Januari 2019 ini.

“Alhamdulillah, penyediaan listrik 24 jam sudah beroperasi sejak Januari. kita juga beryukur pengelolaan air minum sudah tuntas,” kata Anies saat memberikan sambutan di Masjid Nurul Bahri di Pulau Sebira.

Penduduk Pulau Sebira berjumlah kurang lebih 500 jiwa yang tersebar di satu RW dan empat RT, Kelurahan Pulau Harapan, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara.

Anies tercatat sebagai Gubernur DKI Jakarta kedua yang berkunjung ke Pulau Sebira. Setelah tahun 1985 Mantan Gubernur DKI Wiyogo Atmodarminto sebagai Kepala Daerah pertama berkunjung ke Pulau Sebira.

Sebelumnya, Sandiaga Uno tercatat sebagai Wakil Gubernur DKI pertama yang berkunjung ke Pulau Sebira pada 30 Juli 2018.(L/R01/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)