Anies Lepas Giat Jakarta Mudik Bersama

Jakarta, MINA – Gubernur Baswedan melepas kegiatan yang dilaksanakan atas kerja sama Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya di Silang Selatan Monas, Jakarta Pusat, Kamis (30/5) pagi.

Jakarta Mudik Bersama ini dilaksanakan dengan anggaran sekitar Rp 14 miliar yang diambil dari APBD Provinsi DKI Jakarta.

Berbeda dengan tahun sebelumnya yang masih dikelola swasta, kegiatan Jakarta Mudik Bersama tahun ini merupakan kebijakan Pemprov DKI Jakarta untuk pertama kali memberikan fasilitas mudik bagi warga Jakarta.

“Ini adalah mudik bersama pertama yang diselenggarakan oleh Pemprov DKI Jakarta. Saya ingin menggarisbawahi, kita ingin agar warga Jakarta pulang ke kampung halaman dengan selamat,” kata Anies dalam sambutannya.

Menurut mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu, berkat kedatangan mereka, perekonomian Jakarta bergerak, kesejahteraan meningkat. Dan berkat mereka, Jakarta pendapatan pajaknya meningkat.

“Karena itu, kita kembalikan pendapatan pajak itu kepada mereka dalam bentuk fasilitas kendaraan pulang mudik. Ini bukan dari kami. Ini dari pemudik, lewat Pemprov, untuk pemudik. Itu yang kita kerjakan,” ujarnya.

Kegiatan Jakarta Mudik Bersama tahun 2019 ini akan melayani 10 kota dan kabupaten, yaitu Kab. Ciamis, Kabupaten Kuningan, Kota Tegal, Kota Pekalongan, Kab. Kebumen, Kota Semarang, Kota Surakarta, Kab. Wonogiri, Kota Jogjakarta, dan Kab. Jombang.

Selain melakukan pelayanan kepada pemudik sebanyak 17.427 orang dengan lebih dari 300 bus, Pemprov DKI Jakarta juga memberangkatkan 704 sepeda motor pemudik dari Terminal Pulo Gadung pada Rabu (29/5) sebelumnya. (L/R06/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.