Anies Tutup Kejuaraan Voli Pantai POPNAS 2019 Pertama di Jakarta

Jakarta Utara, MINA – Provinsi DKI Jakarta menjadi tuan rumah Kejuaraan Bola Voli Pantai Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XV Tahun 2019. Ajang kejuaraan olahraga pelajar ini baru pertama kalinya digelar di Ibu Kota Jakarta.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, , secara simbolis menutup Kejuaraan Bola Voli Pantai POPNAS XV Tahun 2019 ini, yang berlangsung di Pantai Carnaval, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Kamis sore (21/11).

Anies pun menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan yang diinisiasi oleh Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI), induk organisasi olahraga bola voli di Indonesia.

“Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi DKI Jakarta mendukung penuh penyelenggaraan Kejuaraan Bola Voli Pantai POPNAS XV Tahun 2019,” katanya dalam sambutan yang dirilis MINA, Jumat (22/11).

Alhamdulillah sore hari ini Kejuaraan Bola Voli Pantai dalam arti yang sesungguhnya, POPNAS, telah tuntas. Kita apresiasi untuk semua yang terlibat. Alhamdulillah, sekarang Jakarta punya lapangan voli pantai. Jadi, ini babak baru. Untuk PBVSI DKI Jakarta kita apresiasi kegigihannya, (juga) KONI DKI Jakarta, dan pengurus cabang-cabang olahraga, semangatnya luar biasa. Kita ingin memastikan di Jakarta bukan saja fasilitas yang tersedia, tapi prestasinya juga bisa sampai ke dataran internasional,” ujar Gubernur Anies.

Anies juga mengapresiasi para peserta maupun juara dalam ajang ini. Para atlet bola voli pantai POPNAS ini dinilai telah mengerahkan kekuatan dan kemampuannya sebaik mungkin untuk meraih prestasi yang membanggakan.

Anies berharap nantinya prestasi para atlet pelajar ini akan semakin meningkat. Sementara itu, bagi tim bola voli pantai yang belum meraih prestasi, diharapkan terus bersemangat, juga berlatih lebih keras lagi dalam upaya memperkuat formasi tim bola voli pantainya yang lebih tangguh dan kompak.

“Saya ucapkan selamat kepada tim bola voli pantai POPNAS yang telah mengukir prestasinya dalam kejuaraan ini sebagai Juara. (Meski) kali ini Jakarta belum menjadi juara, (namun) buat Jakarta ini tantangan. Artinya bersiap-siap, lapangannya sudah ada, fasilitasnya. Apa lagi bulan Juni besok akan ada kejuaraan Asia Pacific. Nanti insya Allah di Jakarta bukan saja menjadi tuan rumah yang baik, tapi tuan rumah yang prestasinya mempesona,” ucapnya.

Gubernur Anies pun berpesan bahwa semangat dari pertandingan POPNAS ini bukan semata soal prestasi, tapi juga menjaga silaturahmi dan membangun perasaan kebersamaan. Gubernur Anies menuturkan, salah satu kekuatan olahraga adalah mampu melampaui segala macam batas yang ada dan tetap menjaga sportivitas.

“Semuanya adalah pemain-pemain Indonesia. Hari ini dibagi berdasarkan provinsi, tapi sesungguhnya Anda semua kelak akan membawa nama Indonesia di percaturan Internasional. Ini yang unik dalam pertandingan olahraga, tidak pernah ada istilah musuh, yang ada lawan. Lawan itu saling menguatkan, kalau musuh saling menghabisi, itu bedanya. Karena sesungguhnya lawan main voli adalah teman olahraga. Itu yang kita bangun sama-sama. Jadi, kita harap mudah-mudahan ini menjadi kesempatan untuk kita membangun pertemanan yang lebih kuat,” tutur Gubernur Anies.

Kejuaraan Bola Voli Pantai POPNAS XV Tahun 2019 ini dimulai sejak tanggal 17 – 21 November 2019 di Pantai Carnaval, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Kegiatan ini diikuti 19 Tim Putri dari 9 (sembilan) provinsi, dan 21 Tim Putra dari 9 (sembilan) provinsi.

Penyelenggaraan berbagai cabang olahraga pada event POPNAS Tahun 2019 merupakan salah satu tolok ukur untuk mengetahui perkembangan olahraga di kalangan pelajar di Indonesia, dan khususnya di DKI Jakarta.

Turut hadir dalam kesempatan ini, Ketua Umum PBVSI DKI Jakarta, M. Taufik, Ketua KONI DKI Jakarta, Jamhuron Purwanto Wibowo, Plt. Deputi Bidang Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga, Yuni Purwanti, Walikota Jakarta Utara, Sigit Wijatmoko, Para Pejabat Pemprov DKI Jakarta, Para Panitia Kejuaraan Bola Voli Pantai POPNAS XV Tahun 2019, serta Para Atlet Bola Voli Pantai POPNAS, Wasit, dan Official. (R/LM/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.