Anjungan Aceh Jadi Pelopor Biopori di TMII

Banda , MINA – Guna mendukung cadangan resapan air, Anjungan Aceh di (TMII) bersama Manajemen TMII membuat lubang di areal terbuka TMII yang berlokasi di Jakarta Timur itu.

Kepala Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA), Almuniza Kamal mengatakan, lubang Biopori tersebut akan berfungsi untuk mencegah kerusakan tanah akibat hilangnya unsur hara dan bahan organik tanah akibat dari berkembangnya akar pohon besar.

“Lubang Biopori ini juga menjadi penetralisir senyawa racun tanaman. Selain itu, juga mencegah hilangnya top soil dan subsoil tanah, erosi serta meningkatkan kemampuan tanah untuk menyerap dan menahan air,” ujarnya, Sabtu, (12/10).

Almuniza mengatakan, lubang resapan biopori dinilai penting untuk keseimbangan alam dan cadangan air di dalam tanah yang semakin hari semakin menakutkan. Oleh karena itu, BPPA mendukung penuh upaya tersebut.

Sementara, Ka. Subbid Promosi dan Pameran/Pimpinan Anjungan Aceh TMII Jakarta, Cut Putri Alyanur mengatakan, lubang saluran resapan biopori selesai dikerjakan secara gotong royong bersama tim Anjungan Aceh TMII bersama Manajemen TMII.

“Selanjutnya kita terus akan mengupayakan untuk menjaga agar lubang resapan bisa menjadi lubang persiapan untuk cadangan ketersedian kompos yang telah terdekomposisi dari saluran biopori,” jelasnya.

Cut Putri menjelaskan, pihaknya bangga karena dipercaya menjadi pelopor pembuatan Biopori di lokasi Anjungan Daerah TMII Se-Indonesia. Dengan adanya Biopori tersebut, kata dia, artinya semua pihak berwajib menjaga tanah dan air, untuk menjaga kelestarian bumi. (L/AP/P1 )

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.