Antisipasi Corona, Ganjar Liburkan Sekolah di Jateng Selama Dua Pekan

Semarang, MINA – Antisipasi penyebaran atau virus , pemerintah Provinsi (Jateng) meliburkan seluruh selama dua pekan.

Hal itu disampaikan Gubernur Jateng, Pranowo, usai menggelar rapat terbatas bersama Forkopimda dan seluruh organisasi perangkat daerah lingkungan Pemprov Jateng di Semarang, Sabtu (14/3) malam.

“Terhitung Senin (16/3) lusa semua aktivitas belajar mengajar di Jawa Tengah diliburkan,” katanya.

Keputusan meliburkan selama dua pekan ini mencakup seluruh jenjang pendidikan mulai dari tingkat TK, SD, SMP, dan SMA sederajat.

Meski begitu Ganjar mengatakan, keputusan masa libur tersebut bisa saja berubah berdasarkan pada perkembangan situasi di lapangan.

“Bagi yang tidak ujian semua libur selama dua pekan diganti secara ‘online’. Sementara ujian di luar Solo Raya tetap berjalan, cuma saya akan tetap mengikuti terus perkembangan terhadap pasien (suspect Corona, red) yang masih dirawat di rumah sakit,” terangnya.

Dikatakan, jika nanti dalam proses pelacakan penyebaran Covid-19 ini ada temuan baru, maka bukan tidak mungkin sekolah akan diliburkan secara dinamis, termasuk keputusan meliburkan kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi.

“Untuk perguruan tinggi belum (diliburkan), beberapa rektor sudah berkomunikasi dengan kami, Senin akan kita bicarakan,” ungkap Ganjar seperti dikutip dari kantor berita Antara.

Ganjar menyebutkan untuk mengganti kegiatan pembelajaran, selain menyiapkan skenario pembelajaran secara daring, pihaknya juga telah menjalin komunikasi dengan berbagai pihak.

“Kami lagi bicara juga dengan (Bimbingan Belajar) Ruang Guru, kontak saya untuk kita coba memindahkan cara belajarnya, apakah peralatan itu bisa kita berikan dengan cara ‘online’. Ini akan kita jajaki secara paralel,” ujarnya.

Selain kegiatan belajar mengajar, Ganjar mengatakan beberapa kegiatan yang melibatkan orang dalam jumlah besar juga dibatalkan seperti “Car Free Day”, Jateng bershalawat, kemah, “study tour” sampai kegiatan Pekan Olahraga Daerah. (T/B04/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.