Antisipasi Corona, Saudi Tangguhkan Sementara Kedatangan Jamaah Umrah, Termasuk dari Indonesia

Riyadh, MINA – Pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara kedatangan jamaah umrah di luar negaranya, termasuk Indonesia. Kebijakan itu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona atau COVID 19.

Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi dalam siaran persnya, Kamis (27/2) menyebut beberapa negara yang dicegah memasuki Saudi untuk sementara waktu: diantaranya, China, Iran, Italia, Korea Selatan, Jepang, Thailand, Malaysia, Indonesia, Pakistan, Afghanistan, Irak, Filipina, Singapura, India, Lebanon, Siria, Yaman, Azerbaijan, Kazakhstan, Uzbekistan, Somalia, dan Vietnam.

Kebijakan tersebut diambil Kementerian Luar Negeri Arab Saudi atas rekomendasi Kementerian Kesehatan. Pemerintah Saudi menyatakan langkah pencegahan virus corona itu bersifat sementara dan akan terus dievaluasi.

Selain itu, Saudi juga menangguhkan Penangguhan penggunaan Kartu Identifikasi Nasional bagi warganya untuk melakukan perjalanan dari dan ke Saudi, termasuk warga negara anggota Dewan Kerjasama Teluk (GCC) (Kuwait, Oman, Bahrain, Qatar, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab).

Korban meninggal akibat wabah virus corona dilaporkan mencapai 2.763 jiwa di seluruh dunia hingga Rabu (26/2). Sebanyak 2.715 korban meninggal berasal dari dataran China, sementara 48 kematian di luar Negeri Tirai Bambu. (T/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)