Antisipasi Demo Pemilu, Sekolah di Jakpus Belajar dari Rumah

Disdik DKI menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) pada sekolah-sekolah di Jakpus guna mengantisipasi demo hasil Pemilu 2024

, MINA – Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi DKI Jakarta mengeluarkan kebijakan yang membuat sejumlah sekolah di wilayah Jakarta Pusat harus menerapkan () guna mengantisipasi adanya demo terhadap hasil yang akan diumumkan KPU RI pada hari ini, Rabu (20/3).

Kepala Suku Dinas (Kasudin) Pendidikan Wilayah 1 Jakarta Pusat, Sri Rahayu Asih Subekti menjelaskan, keputusan itu diambil setelah rapat koordinasi antisipasi kerawanan penetapan hasil pemilu.

“Berdasarkan hasil rapat bahwa pada 18 sampai 20 Maret 2024 akan ada demo terkait hasil pemilihan umum yang  berlangsung di depan gedung DPR/MPR RI, Bawaslu RI, KPU RI, dan Patung Kuda Monas,” kata Sri.

Ia mengatakan, Suku Dinas Pendidikan Wilayah Jakarta Pusat akan memantau kehadiran siswa di sekolah dan memastikan agar siswa pulang ke rumah serta tidak terlibat  demo.

Oleh karena itu, Sri menyebut, aturan PJJ itu untuk menjaga keamanan dan kenyamanan seluruh anggota komunitas pendidikan di wilayah Kota Administrasi Jakarta Pusat.

“Kami memutuskan untuk melaksanakan PJJ atau belajar dari rumah 100 persen pada tanggal 19 sampai 20 Maret 2024  di empat kecamatan yaitu Gambir, Menteng, Sawah Besar, dan Tanah Abang,” ungkap Sri.

Ia mengatakan, pendidik dan tenaga kependidikan pun melaksanakan tugas kedinasan dari rumah jika dirasa lokasi sekolah berstatus rawan imbas pengumuman hasil pemilu.

“Namun apabila dirasa sekolah berstatus aman/jauh dari resiko/dampak negatif yang mungkin timbul pasca pengumuman hasil pemilu diharapkan pendidik dan tenaga kependidikan bekerja dari sekolah (WFO),” jelas Sri.

Lebih lanjut, Sri mengatakan, apabila setelah pengumuman hasil pemilu masih dirasa belum aman bagi kegiatan belajar mengajar di sekolah, maka PJJ 100 persen akan diperpanjang sampai dengan 22 Maret 2024.

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan mengumumkan hasil pemilihan anggota legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres) 2024 pada hari ini yakni 20 Maret 2024. (R/Ai/RS2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.