Anton Tabah: Kasus Penista Agama Harus Ditindak

. (Foto: Portalnegeri)

Jakarta, MINA – Wakil Ketua Komisi Hukum Majelis Ulama Indonesia (), Anton Tabah Digdoyo mengatakan kasus penodaan agama (pelecehan agama) harus ditindak.

Hal itu disampaikan dalam jumpa media di kantor MUI, Jakarta Pusat, pada Selasa (3/4), terkait oleh Ibu Oey Huei Beng dan Bapak Albert Widjaya yang terjadi di PT. Sariyunika Jaya, Cimahi.

Pengaduan penistaan tersebut berawal dari pemotongan hewan qurban pada Idul Adha pada 1 September 2017 di perusahaan yang dilaksanakan oleh security dan hewan dibagikan kepada karyawan.

Namun Direktur PT Sariyunika Jaya, Oey Han Bing tidak terima dan memarahi beberapa orang karyawan yang menjadi panitia pelaksanaan qurban tersebut, khususnya security yang kemudian berujung pada dipecatnya delapan orang.

Hal ini yang membuat karyawan dan sucurity tidak terima dan hal itu dianggap merupakan  penodaan agama.

“Bangsa Indonesia selama ini bisa rukun ratusan tahun sebelum merdeka, kita sudah rukun. Saat ini sering kasus intoleransi marak terjadi. Baru kali ini berkembang masalah pelecehan ke agama Islam yang terlalu marak dimana-mana, ini harus dihentikan,” ujarnya.

Di sela itu, Anton juga membahas kasus Ahok sangat berpengaruh karena penista agama diberi hukuman ringan. Kasus-kasus lain akan muncul dan tidak menimbulkan efek jera kalau hukumannya tidak maksimal. Praktek hukum itu sendiri berupa penjara yang tidak semestinya dan tidak memenuhi syarat akan membuat kasus ini dianggap ringan orang yang menista agama.

“Karena umat sudah lapor, jadi MUI tidak perlu melapor. Alhamdulillah umat ini selalu merespon dengan cepat. Masalah aktual seperti ini menjadi tugas pokok dan fungsi MUI untuk menyelamatkan aqidah umat, kemudian merespon peristiwa-peristiwa keumatan. MUI akan mengkaji masalah ini,” jelasnya.

Dalam hal ini, ia meminta umat harus terus mengawal kasus penistaan agama dan MUI hanya memberi fasilitas agar hukum ini di tegakkan secara baik, supaya masyarakat tidak anarkis.(L/Aulia/R10/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.