SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Anwar Abbas: Untuk Keselamatan Jamaah Haji Lebih Baik Ikut Skema Murur

Insaf Muarif Gunawan - Rabu, 12 Juni 2024 - 23:25 WIB

Rabu, 12 Juni 2024 - 23:25 WIB

0 Views

Jeddah, MINA – Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Anwar Abbas menilai untuk keselamatan jamaah lebih baik perjalanan dari Arafah ke Mina, dan mabit di Muzdalifah mengikuti skema murur.

Anwar mengatakan, menilai pilihan tersebut amat tepat untuk diambil demi memberikan keselamatan bagi jamaah.

Skema murur diterapkan sebagai ikhtiar menjaga keselamatan jemaah haji atas kepadatan area Muzdalifah.

Mabit di Muzdalifah dengan cara murur adalah mabit atau bermalam yang dilakukan dengan cara melintas di Muzdalifah setelah menjalani wukuf di Arafah.

Baca Juga: Dewan Masjid Al-Haqqul Mubbiin Khitan 400 Anak Dhuafa

“Saya tahun 2008 haji, tahun 2019 haji, tempat di sini (Muzdalifah, red) masih luas, sehingga kalau mobil (bus) parkir di sini meskipun sempit-sempit tapi mampulah menampung. Tapi sekarang banyak bangunan, di sini ada dibangun toilet,” jelasnya usai meninjau kesiapan sarana pra sarana yang ada di Arafah, Muzdalifah, dan Mina bersama Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan para Amirul Hajj, Selasa (11/6).

“Kesimpulan Saya, impossible mobil yang datang dari Arafah berhenti di sini semua, tidak akan tertampung sehingga diperlukan ijtihad ulama, dan Majelis Ulama Indonesia sudah membuat fatwa. Artinya, jamaah tertentu yang sakit dan berisiko tinggi, untuk keselamatan mereka, lebih baik lanjut ke Mina, dan berangkat jam 19.00 malam,” sambung pria yang juga akrab dipanggil Buya Anwar ini.

Menurutnya, pilihan mabit di Muzdalifah dengan skema murur patut menjadi pilihan karena bertujuan menjaga keselamatan diri.

“Itu ada alasannya, masyaqqah, kesulitan. Dalam maqashid syariah kan, ada hifdzunnafs ya, ada pertimbangan keselamatan jemaah,” tutur Buya Anwar yang juga menjabat sebagai Ketua Pengurus Pusat Muhammadiyah.

Baca Juga: Pondok Tahfizh Al-Fatah Muaro Jambi Luluskan Angkatan Pertama

Buya Anwar juga sepakat dengan program murur yang disiapkan pemerintah di mana para jamaah lansia, jamaah dengan risiko tinggi serta pendampingnya akan mulai diberangkatkan dari Arafah langsung menuju Mina dimulai sejak pukul 19.00 malam. []

Mi’raj News  Agency (MINA)

Baca Juga: Fadlan Prawira Raih Medali Emas Pada 2nd SEA OWS 2024

Rekomendasi untuk Anda

Haji 1445 H
Haji 1445 H
Indonesia
Haji 1445 H