APPLE JANJIKAN DONASI UNTUK KRISIS PENGUNGSI DI EROPA

Anadolu Agency
Anadolu Agency

San Francisco, 6 Dzulhijjah 1436/19 September 2015 (MINA) –  Kepala eksekutif Apple mengatakan, perusahaan itu berjanji akan memberikan donasi untuk mengatasi krisis pengungsi yang saat ini terjadi di seluruh Eropa.

Menurut Tim Cook, Apple akan menyumbang dalam jumlah besar untuk badan-badan bantuan yang membantu pengungsi Suriah di Eropa, Anadolu Agency yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan.

Dia menyebutkan, perusahaan akan menggabungkan sumbangan dua karyawan untuk satu donasi dan dikampanyekan melalui Palang Merah dan lembaga pilihan lainnya. Ini merupakan program yang sedang berlangsung di Apple.

“Eropa kini menjadi tempat yang diharapkan aman oleh para pengungsi, sehingga benua itu kini mengalami krisis pengungsi dalam skala yang belum pernah terjadi sejak Perang Dunia II,” kata Cook.

“Ribuan orang kehilangan nyawa mereka karena melakukan perjalanan panjang yang berbahaya di darat dan di laut,” katanya.

CEO juga mengatakan, pelanggan Apple akan lebih mudah melakukan donasi ke Palang Merah melalui App Store dan iTunes.

“Apple dipersembahkan untuk memajukan hak asasi manusia di seluruh dunia,” kata Cook.

“Kami berharap tindakan kami dapat membantu dan meringankan kesulitan para pengungsi yang hampir putus asa, sehingga mereka bisa bertahan,” tambahnya.

Menurut Cook awal tahun ini dia berencana menyumbangkan sebagian kekayaannya untuk amal, dan program sumbangan karyawan Apple untuk donasi itu mencapai 25 juta dolar (sekitar 350 miliar rupiah) sejak 2011. Namun demikian, perusahaan sangat tertutup tentang masalah sumbangan.

Ia mengungkapkan, perusahaan juga menyumbang 100 juta dolar untuk penderita HIV/AIDS selama beberapa tahun terakhir dan 100 juta dolar untuk sebuah organisasi pendidikan.

Sementara itu, awal pekan ini Google berjanji akan memberikan bantuan sebesar 11 juta dolar untuk mengatasi krisis pengungsi. Trip Advisor juga berjanji akan memberikan sumbangan sebesar 500 ribu dolar dan JP Morgan Chase serta Goldman Sachs masing-masing telah sepakat akan menyumbang setidaknya  1 juta dollar. (T/P006/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Comments: 0