Arab Saudi Berikan Bantuan 2 Miliar Dolar AS untuk Rakyat Yaman

Foto: EPA

 

Jakarta, MINA – Kedutaan Besar di Jakarta mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Raja Salman Bin Abdulaziz Al Saud telah memerintahkan untuk mendepositkan 2 miliar dolar AS melalui Bank Sentral Yaman sebagai bentuk perpanjangan bantuan dan dukungan Pemerintah Arab Saudi kepada Rakyat Yaman.

Kedutaan Besar Arab Saudi menyatakan pada Kamis (18/1), total bantuan yang telah diberikan dalam bentuk deposit untuk rakyat Yaman adalah senilai 3 miliar dolar AS. Hal tersebut ditempuh guna memperkuat kondisi keuangan dan ekonomi negara tersebut.

“Dengan adanya bantuan deposit, diharapkan dapat memberikan dampak positif khususnya bagi nilai tukar riyal Yaman, juga kehidupan rakyat Yaman,” tulis pernyataan itu.

Dalam hal ini, Kerajaan Arab Saudi kembali menegaskan dukungan dan bantuannya kepada Pemerintah Yaman yang sah dalam melaksanakan tugas-tugasnya guna memulihkan keamanan dan stabilitas di Yaman.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Yaman yang diakui secara internasional mengatakan, Selasa (16/1), pihak mereka menghadapi kesulitan ekonomi dan meminta sekutu, termasuk Saudi, untuk membantu mengatasinya.

Dalam sebuah unggahan di Facebook, Perdana Menteri Ahmed bin Dagher berbagi sebuah surat kepada sekutu yang meminta mereka untuk membantu negara tersebut secara finansial untuk “menyelamatkan orang-orang Yaman dari kelaparan.”

Perang Yaman telah membunuh 9.245 orang sejak Arab Saudi dan sekutu Arab-nya bergabung dalam perang melawan kelompok pemberontak Houthi, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Konflik dan perang di negara itu telah memicu apa yang disebut PBB sebagai krisis kemanusiaan paling buruk di dunia.

Lebih dari 2.200 orang telah meninggal akibat wabah kolera yang menyerang Yaman sejak April, menurut WHO. (L/R04/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Nidiya Fitriyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.