Arab Saudi Cegat Rudal Houthi yang Menuju Makkah dan Jeddah

Jeddah, MINA – Angkatan Udara Arab Saudi pada Senin (20/5) berhasil mencegat dua rudal balistik Houthi di atas Taif, yang masing-masing diarahkan  menuju Makkah dan yang lainnya ke Jeddah.

Pasukan Pertahanan Udara Kerajaan mengklaim telah mampu menghancurkan rudal balistik. Pihak berwenang Saudi diperkirakan akan mengeluarkan pernyataan resmi nanti, al-Arabiya melaporkan yang dikutip MINA.

Sehubungan dengan serangan itu, pemerintah Yaman mengatakan, bahwa mereka sangat mengutuk upaya Houthi untuk menargetkan Mekah, menambahkan bahwa serangan terhadap situs suci itu adalah “tindakan teroris penuh”.

Sebelumnya pada bulan Maret, milisi Houthi Yaman memperingatkan bahwa mereka dapat melancarkan serangan terhadap ibu kota Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

“Kami memiliki foto udara dan koordinat lusinan markas, fasilitas, dan pangkalan militer musuh,” kata juru bicara milisi Houthi, Yahya Saree, dalam komentar yang dilansir saluran milisi Al-Masirah.

“Target sah pasukan kami meluas ke ibukota Arab Saudi dan ke Abu Dhabi,” katanya.

Milisi Houthi yang memiliki hubungan dengan Iran telah menargetkan kota-kota perbatasan Saudi dan Riyadh dengan rudal balistik dan juga mengklaim serangan pesawat tak berawak ke bandara Abu Dhabi dan Dubai di masa lalu. (T/B05/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)