Arab Saudi Eksekusi Mati 81 Orang Terkait Terorisme

Riyadh, MINA – Arab Saudi menyatakan   mengeksekusi mati 81 orang tahanan dalam sehari pada Sabtu (12/3), atas berbagai pelanggaran terkait terorisme, melebihi jumlah total eksekusi di kerajaan itu sepanjang tahun lalu sebanyak 69 orang.

Dari 81 orang tersebut, 73 adalah warga negara Saudi, tujuh warga Yaman dan satu warga Suriah.

Semua telah “dinyatakan bersalah karena melakukan beberapa kejahatan keji”, kantor berita resmi Saudi Press Agency (SPA) melaporkan, termasuk narapidana yang terkait dengan kelompok Islamic State (ISIS), Al-Qaeda, pasukan pemberontak Houthi Yaman atau “organisasi teroris lainnya”.

“Mereka telah merencanakan serangan di situs-situs ekonomi penting, menargetkan atau membunuh anggota pasukan keamanan, atau telah menyelundupkan senjata ke negara itu,” tambah SPA.

SPA mengatakan, semua yang dieksekusi diadili di pengadilan Saudi, dengan persidangan dengan 13 hakim dalam tiga tahap terpisah untuk setiap individu.

Negara Teluk yang kaya ini memiliki salah satu tingkat eksekusi tertinggi di dunia.

Pengumuman hari Sabtu menandai jumlah eksekusi tertinggi yang tercatat di kerajaan dalam satu hari, dan lebih dari total 69 eksekusi selama tahun 2021. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)