Arab Saudi : Haji Tahun ini Sukses Tanpa Penularan Covid-19

Mekkah, MINA – Pemerintah Arab Saudi menyatakan keberhasilan haji tahun ini dengan bebas dari penularan Covid-19 dan epidemi lainnya, Saudi Press Agency (SPA) melaporkan pada Jumat (23/7).

Menteri Kesehatan Arab Saudi Tawfiq Al-Rabiah mengaitkan keberhasilan ini dicapai karena sistem fasilitas kesehatan yang terintegrasi di tempat-tempat suci, ambulans yang sangat lengkap, dan tim yang berkualifikasi.

Menurutnya, pembatasan jumlah jamaah haji dalam negeri selama musim Haji 2021 menjadi 60.000 turut berkontribusi pada kesuksesan itu.

Pangeran Abdulaziz bin Saud bin Naif bin Abdulaziz, Menteri Dalam Negeri dan Ketua Komite Haji Tertinggi, mengucapkan selamat kepada Raja Mohammed bin Salman bin Abdulaziz, Putra Mahkota, Wakil Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan atas suksesnya musim haji tahun ini.

“Alhamdulillah, dengan dukungan dan tindak lanjut kalian, semua rencana keamanan, kesehatan, pencegahan, organisasi, dan layanan disusun sejak awal, dilaksanakan secara terpadu dengan profesionalisme yang tinggi,” ujarnya.

Dia juga menyebutkan, haji tahun ini mempertimbangkan pelajaran dari musim haji tahun lalu, dan dilaksanakan oleh aparat keamanan yang berpatisipasi dengan personel di instansi pemerintah dan swasta lainnya.

Pelaksanaan sesuai mekanisme yang tepat mencakup klarifikasi perjalanan jamaah secara komprehensif. Termasuk pengelolaan pergerakan jamaah sejak kedatangan mereka di Mekkah, selama mereka tinggal di tempat-tempat suci, dan pelaksanaan ritual mereka,” imbuhnya.

Ia mengatakan, hal itu dilakukan dengan memanfaatkan teknologi canggih dengan cara yang memastikan penerapan semua tindakan pencegahan untuk menghadapi pandemi. karena musim haji tahun ini tidak ada yang mengganggu ketenangan jamaah, dan tidak ada kasus epidemi atau karantina yang terjadi.

Abdulaziz mengatakan, musim haji yang luar biasa tahun ini adalah model untuk mengembangkan perjalanan haji menggunakan teknologi modern dan metode canggih untuk bergerak dengan mantap menuju pencapaian tujuan visi Kerajaan 2030. (T/R7/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)