Arab Saudi Puji Perundingan Perdamaian yang ‘Positif’ dengan Yaman

Delegasi Ansarullah Yaman bertemu dengan Menteri Pertahanan Arab Saudi Pangeran Khalid bin Salman Al Saud di Riyadh pada 19 September 2023. (Via X)

Riyadh, menyambut baik “hasil positif” perundingan dengan delegasi Ansarullah yang bertujuan mengakhiri perang delapan tahun kerajaan tersebut terhadap Yaman.

Kementerian Luar Negeri Saudi mendukung solusi politik terhadap konflik Yaman dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada hari Rabu (20/9), setelah tim Yaman, bersama dengan mediator Oman, kembali ke Sanaa setelah lima hari melakukan pembicaraan dengan para pejabat Saudi di Riyadh.

Kementerian mengatakan, pihaknya menyambut baik “hasil positif dari diskusi serius mengenai pencapaian peta jalan untuk mendukung jalur perdamaian di Yaman.”

Kementerian menambahkan, Riyadh “terus mendukung Yaman dan saudara-saudaranya dan … mendorong pihak-pihak Yaman untuk duduk di meja perundingan demi mencapai solusi politik yang komprehensif dan abadi … di bawah pengawasan PBB.”

Baca Juga:  Takluk dari Irak 2-1, Indonesia Gagal Rebut Juara 3 Piala Asia U-23 di Qatar

Delegasi Yaman tiba di Arab Saudi pekan lalu. Ini adalah kunjungan resmi pertama ke kerajaan tersebut sejak perang pecah pada tahun 2015.

Delegasi Yaman bertemu dengan Menteri Pertahanan Arab Saudi Pangeran Khalid bin Salman Al Saud.

Dalam unggahan X, Pangeran Khalid mengatakan bahwa selama pertemuan tersebut dia telah “menekankan dukungan Kerajaan untuk Yaman dan menegaskan kembali komitmen kami untuk mendorong dialog di antara semua pihak.” (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.