Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Arab Saudi Tegaskan Dukungan untuk Rohingya

Hamidah Juariyah - Senin, 21 Juni 2021 - 00:58 WIB

Senin, 21 Juni 2021 - 00:58 WIB

3 Views ㅤ

Riyadh, MINA – Arab Saudi menegaskan posisinya mendukung Muslim Rohingya di Myanmar dan memilih untuk abstain dari resolusi yang diajukan di Majelis Umum PBB mengenai situasi di Myanmar.

Majelis Umum mengadopsi resolusi yang meminta semua negara anggota untuk mencegah aliran senjata ke Myanmar. Demikian Saudi Gazette melaporkan, Ahad (20/6).

Pernyataan Arab Saudi ini disampaikan oleh Menteri Berkuasa Penuh Wajdi Hassan Muharram, yang juga Ketua Komite Keempat delegasi tetap Kerajaan untuk PBB, dalam sidang Majelis Umum membahas rancangan resolusi tentang situasi di Myanmar.

Muharram menyerukan memastikan keselamatan dan keamanan Muslim Rohingya dan pengakuan atas hak-hak dasar mereka.

Baca Juga: Pakistan Bentuk Komite untuk Boikot Bisnis yang Dukung Israel

Termasuk memberi mereka hak kewarganegaraan penuh untuk mengintegrasikan mereka kembali ke masyarakat di negara tersebut.

Tentang keputusan Kerajaan untuk abstain dalam pemungutan suara atas resolusi tersebut, Muharram menegaskan, delegasi Kerajaan memperhatikan kurangnya kejelasan tentang kemajuan negosiasi dari para sponsor resolusi.

“Draf resolusi menghilangkan beberapa tuntutan dan poin yang merugikan orang lain, gagal menjelaskan secara memadai dan jelas krisis kemanusiaan yang diderita oleh minoritas Muslim Rohingya dan minoritas lainnya di Myanmar,” katanya.

Menurutnya, krisis politik saat ini di Myanmar telah memperburuk situasi kemanusiaan yang mengerikan yang dihadapi oleh minoritas Muslim Rohingya di Myanmar.

Baca Juga: Menhan Singapura Sebut AS Kehilangan Dukungan Anak Muda Karena Perang Gaza

Dengan demikian mengurangi kemungkinan mereka kembali dengan selamat dari kamp-kamp yang tersebar.

“Delegasi negara saya menyerukan Myanmar untuk memikul tanggung jawabnya terhadap minoritas Muslim Rohingya dan segera mengakhiri semua tindakan kekerasan dan semua pelanggaran hukum humaniter Internasional, ” tegasnya. (T/Hju/P1)

Mi’raj News Agency (MINA) 

 

Baca Juga: Bangladesh Larang Pertemuan Massa di Dhaka setelah 45 Orang Tewas

 

Rekomendasi untuk Anda

Internasional
Internasional
Palestina
MINA Sport
MINA Sport