Arab Saudi Tolak Kehadiran Israel pada Pertemuan UNESCO 

Riyadh, MINA – Arab Saudi menolak menandatangani dokumen partisipasi semua anggota untuk pertemuan Komite Warisan Dunia pada September, dengan adanya kehadiran .

Akhir pekan ini, para diplomat Barat, Pejabat senior UNESCO melakukan pembicaraan dengan Pejabat Saudi membahas rangkaian acara dengan Saudi sebagai tuan rumah pertemuan itu. MEMO melaporkan, Jumat (30/6).

Sementara Arab Saudi tidak secara khusus menyebutkan Israel dalam keberatannya untuk menandatangani perjanjian tersebut.

Sumber-sumber Israel dan UNESCO mengatakan, bahwa jelas Israel adalah poin utama yang menonjol.

Menurut laporan itu, Arab Saudi ingin mengambil pendekatan hati-hati terhadap setiap langkah publik yang dapat dilihat sebagai normalisasi dengan negara pendudukan.

Jika kerajaan setuju untuk mengizinkan perwakilan Israel hadir, itu akan menjadi pertama kalinya pejabat dari Israel diizinkan memasuki negara itu secara resmi dan terbuka.

Baca Juga:  Solidaritas Pro-Palestina, Mahasiswa Perancis Lakukan Aksi Mogok Makan

Namun, jika pihak Saudi menolak, acara tersebut bisa dipindahkan ke negara lain.

Maret lalu, Arab Saudi secara efektif memblokir partisipasi delegasi Israel yang dipimpin oleh Menteri Luar Negeri Eli Cohen dalam konferensi organisasi pariwisata PBB dengan menunda penerbitan visa mereka dan membahas pengaturan keamanan. (T/Hju/P2)

Mi’raj News Agency (MINA) 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.