Arab Saudi Tunjuk Menteri Keuangan Baru

Jeddah, 2 Shafar 1438/2 November 2016 (MINA) – Arab telah menunjuk Kepala Otoritas Pasar Modal (CMA) Mohammed Al-Jadaan sebagai baru melalui dekrit kerajaan, menggantikan Ibrahim Al-Assaf yang telah menjabat sejak 1996.

Al-Assaf, 67, menjadi anggota veteran terakhir dari Kabinet untuk tetap berada di pos utama melalui serangkaian perombakan pemerintah setelah Raja Salman berkuasa tahun lalu, termasuk satu menteri pada Mei lalu menggantikan menteri perminyakan yang lama menjabat.

Dia ditugaskan menjadi menteri lain dan tetap berada di kabinet, demikian menurut dekrit kerajaan yang dilaporkan Arab News, Senin (31/10).

Keputusan Senin juga menunjuk kepala baru untuk Komisi Angkutan Umum dan Perusahaan Desalinasi Air, dalam pengolahan air bersih dan pembangkit listrik.

Dekrit Kerajaan Saudi itu juga mengalihkan tanggung jawab untuk perlindungan konsumen dari kementerian perdagangan dan investasi kepada menteri kesehatan, Tawfiq Al-Rabeeah.

Kementerian Keuangan adalah posisi kunci dalam Kerajaan dan perubahan tersebut dimaksudkan untuk mendukung langkah kerajaan dalam restrukturisasi akibat turunnya pendapatan dari .

Sebagai Kepala CMA, Al-Jadaan telah mengawasi pelonggaran persyaratan peraturan membuka bursa bagi investor asing selama setahun terakhir.

Sebelum pengangkatannya sebagai Kepala Dewan CMA pada 29 Januari 2015, Al-Jadaan adalah salah satu mitra pendiri Al-Jadaan & Partners Law Firm dan terdaftar di Mitra dan Kamar Dagang Saudi 2004-2014, sebagai pengacara terkemuka di perusahaan dan perbankan di Arab Saudi.

Al-Jadaan memiliki pengalaman yang luas dalam memberikan saran tentang semua aspek pasar modal, penataan, mendokumentasikan dan negosiasi pembiayaan proyek internasional yang kompleks dan memberikan nasihat tentang hal-hal korporasi dan komersial, termasuk ekuitas dan penawaran utang umum, merger dan akuisisi, usaha patungan dan perjanjian pemegang saham dan hal yang berkaitan dengan hukum Islam dan keuangan Islam.

Al-Jadaan juga telah mewakili klien korporasi dan komersial sebelum sejumlah pengadilan kunci dan komite peradilan di Arab Saudi. Dia juga seorang penasihat khusus dewan direksi di Morgan Stanley Arab Saudi.

Al-Assaf akan tetap berada dalam kabinet kerajaan, menerima gelar sarjana seni dalam ilmu ekonomi dan politik dari Universitas Raja Saud, Riyadh, pada tahun 1971.

Dia kemudian memperoleh gelar master seni di bidang ekonomi dari University of Denver pada tahun 1976 dan PhD di bidang ekonomi dari Colorado State University pada tahun 1982.

Al-Assaf awalnya mengejar karir mengajar, menjadi asisten dosen dan kemudian menjadi dosen di Akademi Militer King Abdulaziz 1971-1983.

Dia diangkat sebagai asisten profesor dan Kepala Departemen Pelayanan Administrasi pada tahun 1982 hingga 1986. Selama periode itu, ia juga menjabat sebagai penasihat ekonomi Dana Saudi untuk Pembangunan.

Setelah meninggalkan akademisi, Al-Assaf pindah ke Washington, DC di mana ia mewakili Arab Saudi di Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia.

Pada tahun 1986, ia diangkat sebagai direktur eksekutif alternatif di IMF untuk Arab Saudi. Kemudian mengambil jabatan direktur eksekutif untuk Arab Saudi di Bank Dunia pada 1989.

Sekembalinya ke Arab Saudi pada tahun 1995, beliau menduduki posisi Wakil Gubernur Badan Moneter Arab Saudi. Selanjutnya bergabung dengan Dewan Menteri sebagai menteri negara pada bulan Oktober 1995.

Pada bulan Januari 1996, ia ditunjuk sebagai menteri keuangan dan perekonomian nasional, posisi yang berganti nama menjadi menteri keuangan pada tahun 2003. Dia menggantikan Abdul Aziz Abdullah Al-Khuwaiter sebagai menteri keuangan.

Selain menjadi menteri keuangan, Ibrahim adalah anggota dewan direksi dari Saudi Aramco (sejak 1996), Kepala Dana Saudi untuk Pembangunan dan anggota dewan Dana Investasi Publik.

 

Al-Assaf pekan lalu mengatakan posisi keuangan Arab Saudi tetap kuat meskipun tenggelam harga minyak, meskipun ada “tekanan” pada likuiditas perbankan.

“Kami telah mampu mempertahankan posisi yang baik dalam keuangan publik,” kata Al-Assaf.

Ekonomi Saudi Menurun

Sejak 2014, harga minyak dunia jatuh hingga 50%. Kondisi ini mengharuskan Arab Saudi cepat-cepat meninggalkan ketergantungannya terhadap minyak. Kondisi keuangan Arab Saudi menurun.

Eksportir minyak terbesar dunia ini memperkirakan, anggaran negaranya di tahun ini akan defisit US$ 87 miliar. Kondisi ini membuat Arab Saudi melakukan penghematan, termasuk memangkas subsidi, dan mengurangi gaji para menteri, serta menunda sejumlah proyek-proyek pembangunan.

Awal tahun ini, Pangeran Mohammed bin Salman yang mengepalai ekonomi kerajaan, mengumumkan sejumlah rencana di bidang ekonomi untuk mengurangi ketergantungan terhadap minyak.

Kondisi defisit yang dialami, membuat Kerajaan Arab Saudi untuk pertama kalinya harus menjual surat utang (obligasi) global yang nilainya US$ 17,5 miliar.

Penurunan harga minyak juga membuat cadangan devisa Arab Saudi turun menjadi US$ 562 miliar di Agustus 2016, dari US$ 732 miliar di akhir 2014 lalu.

Seperti diketahui, pada Januari 2016 lalu, harga minyak sempat turun ke bawah US$ 30/barel, atau tingkat terendahnya dalam 10 tahun terakhir. Di pertengahan 2014, harga mnyak masih di atas US$ 100/barel. (T/R05/R03)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.