NEGARA ARAB SETUJUI RESOLUSI ISRAEL HENGKANG DARI PALESTINA

Menteri Luar Negeri Palestina Riyad Al-Maliki (Foto: Anadolu Agency)
Menteri Luar Negeri Riyad Al-Maliki (Gambar: AA)

Ramallah, 9 Dzulhijjah 1435/3 Oktober 2014 (MINA) – Menteri Luar Negeri Palestina Riyad Al-Malki mengumumkan, Kelompok Arab dalam Sidang Umum telah menyetujui rancangan resolusi untuk ditujukan kepada Dewan Keamanan PBB yang menyerukan menarik diri dari wilayah Palestina yang diduduki sejak tahun 1967.

Koran Al-Quds mengutip pernyataan Al-Maliki yang mengatakan, setelah serangkaian musyawarah dan konsultasi dengan Kelompok Arab di PBB, negara-negara Arab sekarang telah menyetujui rancangan resolusi .

Al-Maliki menambahkan, Yordania sebagai perwakilan dari Kelompok Arab di Dewan Keamanan, akan menyerahkan proyek dalam waktu tiga pekan, Middle East Monitor (MEMO) melaporkan sebagaimana dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Jumat.

“Sangat sedikit modifikasi dibuat oleh negara-negara Arab dan sekarang kita akan menyerahkan draft untuk kelompok yang lebih luas dari PBB, yang meliputi Eropa, Afrika dan kelompok Amerika Latin, serta negara-negara yang tidak memihak, sebelum mengirimkan draft resmi [kepada Dewan Keamanan],” kata Al-Maliki saat konferensi pers di Kantor Pusat Kementerian di Ramallah, Palestina, beberapa waktu lalu.

Al-Maliki mengatakan, presiding Dewan Keamanan oleh Argentina bulan ini akan memudahkan proses musyawarah setelah pengajuan aplikasi.

“Kami akan mempertimbangkan setiap negara yang tidak memilih mendukung rancangan resolusi yang diajukan ke Dewan Keamanan PBB sebagaimana tidak mendukung solusi dua negara, melainkan mendukung kelanjutan pendudukan,” jelas Al-Maliki.

“Kami ingin menetapkan batas waktu untuk mengakhiri pendudukan Israel atas negara Palestina,” tambahnya.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengatakan sebelumnya, Selasa (30/9), dalam pertemuan dengan sejumlah wartawan dan penulis, Palestina akan pergi ke Dewan Keamanan PBB untuk menuntut diakhirinya pendudukan dan pembentukan negara Palestina merdeka pada perbatasan 1967 dengan ibukota di Al-Quds Timur.(T/R05/R03)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0