Area Melaut Nelayan Gaza Diperluas Hingga 15 Mil

Gaza, MINA – Pasukan Israel pada Ahad (31/3) sore menginformasikan secara resmi perluasan area melaut bagi nelayan di lepas pantai Gaza, sesuai kesepakatan yang dicapai dalam dialog yang dimediasi Mesir antara Israel dan faksi-faksi .

Wakil serikat nelayan di Gaza Nizar Ayash mengatakan, pendudukan Israel menginformasikan perluasan area melaut dari Utara Gaza sampai pelabuhan Gaza seluas 6 mil laut, sampai Gaza Tengah seluas 12 mil, kemudian 15 mil sampai perbatasan Mesir, demikian dilaporkan Palinfo.

Penerapan kesepakatan ini dimulai Senin (1/4) pukul 6 pagi waktu setempat, termasuk izin menggunakan jaring bagi perahu dan perlengkapannya, dan tengah dipelajari izin penggunaan fiberglas untuk Gaza, setelah bertahun-tahun dilarang masuk.

Serikat nelayan di Gaza berharap perluasan area melaut ini bermanfaat bagi para nelayan serta bisa menambah hasil tangkapan ikan.

Izin perluasan bagi para nelayan sejauh 15 mil ini merupakan yang pertama kalinya sejak tahun 2006 lalu.

Keputusan ini merupakan hasil dari upaya faksi-faksi Palestina mencabut blokade Gaza dalam rangkaian upaya yang digagas Mesir bersama faksi-faksi Palestina. (T/Ais/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: siti aisyah

Editor: Zaenal Muttaqin

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.