Argentina Tunggu Timnas Indonesia atau Irak di Olimpiade Paris 2024

(Foto: afcasiancup)

Jakarta, MINA – Pelatih timnas U-23 Argentina yang juga legenda Barcelona, Javier Mascherano menunggu Indonesia atau Irak sebagai calon lawan tersisa di fase grup Olimpiade Paris 2024.

Timnas U-23 Indonesia berpeluang menjadi lawan timnas Argentina di Olimpiade 2024. Syaratnya, Garuda Muda harus mengalahkan Irak pada duel perebutan juara ketiga Piala Asia U-23 2024. Laga tersebut akan digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, pada Kamis (2/5).

Piala Asia U-23 menyediakan tiga tiket otomatis ke Olimpiade Paris 2024 untuk tiga tim berperingkat terbaik. Status juara dan runner-up diperebutkan Jepang dan Uzbekistan lewat final di Al Rayyan, Jumat (3/5).

Sang kampiun akan masuk ke Grup D yang relatif ‘enteng’ bersama Paraguay, Mali, dan Israel. Sedangkan tim peringkat kedua sudah ditunggu Spanyol, Mesir, dan Rep Dominika di Grup C.

Baca Juga:  Menhan Prabowo Kunjungi MBS Bahas Isu Global dan Palestina

Tim peringkat ketiga lebih pelik karena akan bergabung dengan Argentina, Maroko, dan Ukraina di Grup B.

Adapun peluang tim peringkat keempat belum sepenuhnya tertutup. Masih terbuka harapan tersisa melalui play-off melawan wakil Afrika, timnas U-23 Guinea.

Jika sukses menaklukkan Guinea dalam duel yang akan digelar di Clairefontaine, Prancis, Kamis (9/5/2024) mendatang, Indonesia atau Irak bakal masuk Grup A. Di sana sudah menanti tuan rumah Prancis, serta kuda hitam Amerika Serikat dan Selandia Baru.

Javier Mascherano tak menutup mata dengan persaingan yang bakal dihadapi timnas U-23 Argentina di Grup B. Dengan tambahan peserta antara Indonesia atau Irak, mereka bisa meramaikan kompetisi yang sudah dianggap sulit oleh Mascherano.

Baca Juga:  Gelar Workshop Media, IISD Dorong Kampanye Pengendalian Tembakau

“Kami tahu Maroko telah memenangi Piala Afrika dan tentu akan menjadi rival tangguh. Mereka mungkin memiliki pemain senior dan U-23 yang bermain di Eropa.” ujar pilar Barca pada 2010-2018 itu kepada Tyc Sports.

“Dengan Ukraina, hal itu sama. Kami tidak tahu mereka sebagai sebuah tim, tapi kami tahu mereka punya individu yang bagus,” imbuhnya.

Andai timnas U-23 Indonesia kesampaian mengalahkan Irak, tantangan bagi armada Shin Tae-yong tentu akan berlipat-lipat dibandingkan Piala Asia U-23 2024.

Di skuad Argentina bertabur bintang-bintang muda top dunia. Belum lagi menghitung peluang mereka mengajak Lionel Messi sebagai salah satu pemain senior di atas 23 tahun (overage) hingga kiper Emi Martinez ke dalam skuadnya.

Baca Juga:  BRIN Jadi Tuan Rumah Pertemuan Antarpemerintah Se-Asia Pasifik

Argentina U-23 lolos ke Paris 2024 sebagai tim peringkat kedua pada turnamen pra-Olimpiade Zona CONMEBOL di bawah Paraguay. Albicelestes merupakan peraih dua medali emas cabor sepak bola pria dalam keikutsertaan di Olimpiade. Mereka juara di Athena 2004 bersama generasi Carlos Tevez dkk dan Beijing 2008 dengan bintangnya Lionel Messi serta Kun Aguero.

Pembagian Grup Olimpiade 2024

Grup A: Prancis, Amerika Serikat, ICP AFC-CAF, Selandia Baru.

Grup B: Argentina, Maroko, AFC 3, Ukraina.

Grup C: AFC 2, Spanyol, Mesir, Rep Dominika.

Grup D: AFC 1, Paraguay, Mali, Israel.

Jadwal Pertandingan:

24-30 Juli 2024 (fase grup)

2 Agustus (perempat final)

5 Agustus (semifinal)

8 Agustus (perebutan tempat ketiga)

9 Agustus (final) []

Mi’raj News Agency (MINA)