Arif Ramdan: Kesempatan Dakwah Media Digital Begitu Luas

Tangerang, MINA – Pegiat media asal Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), Arif Ramdan mengatakan, kesempatan dakwah di saat ini begitu luas. Maka hal ini harus dimanfaatkan secara maksimal.

“Saat ini kita berada di masa di mana milyaran orang menggunakan media digital. Maka jika kita menggunakannya untuk dakwah, akan sangat efektif,” kata Arif dalam ceramahnya di hadapan para pemuda remaja Masjid Al-Mukhlisin, Tangerang, Banten, Ahad (28/8).

Arif yang juga seorang wartawan itu menyajikan data terkait berapa jumlah pengguna media digital di seluruh dunia, dan di Indonesia, termasuk jenis media digital yang paling digemari masyarakat, terutama generasi muda.

“Jumlah penduduk Indonesia sekira 277,1 juta jiwa. Tetapi pengguna media digital sekira 311 juta. Mengapa lebih besar pengguna media daripada jumlah penduduk? Itu karena ada orang yang memiliki lebih dari satu mobile phone, dan memiliki lebih dari satu akun media sosial,” paparnya.

Maka, jika melihat banyaknya jumlah pengguna media digital, ini adalah kesempatan emas bagi umat Islam, khususnya generasi muda untuk berdakwah, memberikan pencerahan tentang Islam rahmatan lil alamin melalui hal itu.

Arif yang saat ini menempuh pendidikan doktoral di University Of The Holly Quran and Taseel of Sciences, Sudan itu juga memperingatkan, generasi muda harus berhati-hati dalam menggunakan media digital. Jangan sampai melanggar peraturan dan undang-undang yang berlaku di Indonesia.

Kalau wartawan, ada Kode Etik Jurnalistik. Namun kalau netizen, perlu memahami rambu-rambu agar tidak terjerat Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Acara taklim pemuda wilayah Tengerang merupakan acara rutin bulanan, dengan menghadirkan beberapa pakar, tokoh dan aktifis dan ustazd untuk memberikan motivasi, nasihat dan keterampilan bagi para pemuda untuk pengembangan kompetensi dan ilmu. (L/P2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)