AS Akan Tarik Sebagian Pasukannya Dari Irak

Washington, MINA – Sumber di Washington menyatakan, Kementerian Pertahanan (Pentagon) Amerika Serikat (AS) bermaksud  mengurangi jumlah pasukannya di Irak, sebanyak sepertiga dalam beberapa bulan mendatang, setelah ikut memulihkan situasi di sana sejak lima tahun lalu.

The Wall Street Journal pada Sabtu (29/8) mengutip pejabat AS yang mengatakan, Pentagon bermaksud mengurangi jumlah pasukannya di Irak sepertiga dalam dua atau tiga bulan ke depan, dan mempertahankan sekitar 3.500 tentara saja.

Sumber yang sama menyatakan, menarik sepertiga pasukan dari Irak akan mengembalikan jumlah seperti pada tahun 2015, selama awal perang AS melawan ISIS.

Washington telah mengerahkan sekitar 5.200 tentara di Irak untuk memerangi ISIS, tetapi sekarang para pejabat di koalisi pimpinan AS mengatakan, pasukan Irak dapat menangani sisa-sisa kelompok itu.

Pada bulan Juni, AS dan Irak mengonfirmasi komitmen mengurangi pasukan AS dalam beberapa bulan mendatang, seperti yang sebelumnya dijanjikan Presiden Donald Trump selama kampanye pemilu 2016 untuk mengakhiri “perang Amerika yang tidak pernah berakhir”. (T/B04/P1))

Mi’raj News Agency (MINA)