AS Bahas Penarikan Pasukan dengan Taliban di Doha

Doha, MINA – (AS) sepakat membahas penarikan pasukannya dari dalam pertemuan langsung dengan perwakilan di Doha, Qatar, kata para pejabat Taliban.

Dua pejabat Taliban yang berbicara dalam status anonim mengatakan kepada Al Jazeera, dalam pertemuan awal di Doha, Jumat (12/10), perwakilan Taliban dan utusan AS Zalmay Khalilzad membahas kondisi Taliban untuk mengakhiri perang 17 tahun di Afghanistan.

“Enam delegasi AS tiba di Doha untuk mengadakan pertemuan dengan para pemimpin kami (dan) setuju untuk membahas semua masalah, termasuk penarikan pasukan asing,” kata salah seorang pejabat Taliban.

“Tapi, itu adalah pertemuan awal dan semua masalah telah dibahas secara umum, tidak secara detail,” tambahnya.

Ia menambahkan bahwa diperkirakan akan lebih banyak pembicaraan dalam waktu dekat.

Tahun lalu, Presiden AS Donald Trump meningkatkan jumlah pasukan AS di Afghanistan sebagai bagian dari strategi baru melawan Taliban. Sekarang ada sekitar 14.000 tentara AS di negara itu.

Taliban sebelumnya mengatakan, kehadiran pasukan asing adalah hambatan terbesar bagi perdamaian di Afghanistan.

Selain penarikan pasukan asing dari Afghanistan, tuntutan Taliban termasuk pencabutan sanksi terhadap para pemimpinnya, pembebasan pejuang mereka yang dipenjara di Afghanistan, dan pembentukan kantor politik resmi. (T/RI-1/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.