AS Berikan Israel Paket Bantuan Militer Terbesar Dalam Sejarah

Washington DC, 21 Rajab 1437/29 April 2016 (MINA) – Amerika Serikat (AS) berencana untuk memberikan Israel dengan paket bantuan militer terbesar dalam sejarah kedua negara, demikian laporan Times of Israel mengutip seorang pejabat Gedung Putih pekan ini.

Sebagian besar senator AS telah menyerukan untuk meningkatkan bantuan asing untuk Israel, demikian laporan Middle East Monitor (MEMO) yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Jumat.

“Kami sedang mempersiapkan untuk menandatangani nota kesepahaman dengan Israel untuk menyediakan paket tunggal terbesar dari bantuan ke negara manapun dalam sejarah Amerika Serikat,” kata seorang pejabat Gedung Putih mengatakan kepada Reuters.

Sebanyak 83 dari 100 Senator AS menandatangani surat yang menyerukan Presiden Barack Obama untuk meningkatkan bantuan asing untuk Israel dan segera menandatangani kesepakatan pada paket pertahanan baru.

Surat itu disusun oleh Senator Republik Lindsey Graham dan Senator Demokrat Chris Cowans dan ditandatangani oleh 51 senator Partai Republik dan 32 senator Demokrat termasuk calon presiden dari Partai Republik Ted Cruz.

Amerika Serikat saat ini memberi Israel 3,1 miliar Dolar AS per tahun dalam bantuan militer, namun Israel ingin meningkatkan itu sampai 5 miliar Dolar AS per tahun.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengisyaratkan bahwa ia akan menunggu pengganti Obama untuk mendapatkan apa yang diinginkan Israel.

Wakil Presiden AS Joe Biden memperingatkan Netanyahu selama kunjungan terakhirnya ke Israel bulan lalu bahwa paket bantuan akan menjadi “lebih kecil dari apa yang berusaha Israel”, namun menekankan bahwa jumlah tersebut akan mencerminkan kebutuhan keamanan negara. (T/R05/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)