AS Dukung Bangladesh Dalam Isu Myanmar

Presiden Amerika Serikat (kiri) dan Perdana Menteri . (Foto: dok. Dhaka Tribune)

New York, MINA – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyatakan dukungan kepada Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina terkait isu tentang Rohingya dan akan melihat bagaimana masalah itu dapat diselesaikan.

“Pada isu Myanmar (isu Rohingya) kami bersamamu,” kata Trump kepada Hasina di sela-sela pertemuan tingkat tinggi tahunan PBB, Senin (18/9). Demikian Dhaka Tribune memberitakan yang dikutip MINA.

Perdana menteri wanita itu sekarang berada di New York untuk menghadiri Sidang Majelis Umum PBB (UNGA) ke-72.

Di saat menghadapi para wartawan, Sekretaris Kementerian Luar Negeri Bangladesh M Shahidul Haque mengatakan, Trump juga mengatakan kepada Hasina bahwa AS akan melihat bagaimana masalah pengungsi Rohingya dapat diselesaikan.

Ini adalah pertama kalinya Trump memberikan komentar mengenai isu Rohingya dan ini juga kunjungan pertamanya ke Markas Besar PBB setelah menjadi Presiden AS.

Sementara itu, Komisaris Tinggi PBB Urusan Pengungsi (UNHCR) Filippo Grandi mengungkapkan kesediaannya untuk membantu Bangladesh dalam masalah pengungsi Myanmar.

“Dia juga ingin mengunjungi Bangladesh,” kata Shahidul Haque.

Perdana Menteri Sheikh Haisna juga mengatakan, semua organisasi PBB akan membantu Bangladesh, tapi pendaftaran pengungsi Rohingya akan dilakukan oleh Tentara Bangladesh. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.