AS: Jendela Diplomasi dengan Iran Tetap Terbuka

Pabrik pengayaan uranium Iran
Pabrik pengayaan uranium Iran (Gambar: Vahid Salemi/AP)

Washington, MINA – Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa mengecam keputusan untuk memproduksi logam uranium yang diperkaya dengan kemurnian 20 persen, tetapi mengatakan, jendela diplomasi untuk memungkinkan keduanya melanjutkan kepatuhan dalam kesepakatan nuklir 2015 tetap terbuka.

Badan Energi Atom Internasional (IAEA) melaporkan pada Selasa (6/7), Iran bermaksud memperkaya uranium hingga 20 persen, Al Jazeera melaporkan.

Langkah ini membawa Iran selangkah lebih dekat untuk mengembangkan bahan yang dapat digunakan untuk membuat senjata nuklir.

“Hal ini mengkhawatirkan bahwa Iran memilih untuk meningkatkan non-kinerja komitmen [kesepakatan nuklir], terutama dengan eksperimen yang memiliki nilai untuk penelitian senjata nuklir,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price kepada wartawan.

“Ini adalah langkah mundur yang tidak menguntungkan bagi Iran, terutama ketika kami sendiri telah menunjukkan niat tulus dan kesediaan kami untuk kembali ke [kesepakatan],” katanya. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.