AS Jual Rudal Pertahanan kepada Jepang

Washington, MINA – Departemen Luar Negeri Amerika Serikat telah menyetujui penjualan sistem rudal pertahanan berteknologi tinggi kepada sekutunya, Jepang.

Menurut Kantor Berita Kyodo, kesepakatan pertahanan senilai USD2,15 miliar mencakup pembelian dua sistem senjata Aegis dan peralatan terkait oleh Jepang.

“Jepang berencana menempatkan dua sistem pertahanan rudal Aegis Ashore di Akita dan Yamaguchi untuk melawan ancaman rudal Korea Utara,” kata Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, Anadolu melaporkan dikutip MINA, Rabu (30/1).

“Dengan sistem pertahanan baru itu, kemampuan pemerintah Jepang dalam menghadapi ancaman rudal balistik semakin meningkat,” tambah Deplu.

Jepang adalah sekutu AS di Asia Timur, tetapi pertemuan Donald Trump dengan pemimpin Korea Utara tahun lalu dipandang oleh Jepang sebagai ancaman.

“Penting bagi kepentingan nasional AS untuk membantu Jepang dalam mengembangkan kemampuan pertahanan yang kuat dan efektif,” kata laporan itu.

Kesepakatan itu dapat menambah ketegangan antara Tokyo dan Moskow, karena Rusia telah berulang kali menyatakan “keprihatinan” tentang rencana penempatan senjata Aegis Ashore di Jepang.

Namun, pejabat pertahanan di Tokyo bersikeras bahwa penempatan itu “murni untuk alasan pertahanan nasional”. (T/R03/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)