AS, Kanada dan Meksiko Tuan Rumah Piala Dunia 2026

Moskow, MINA – Amerika Serikat (AS), Kanada, dan Meksiko akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026 setelah negara-negara itu menghadapi tantangan dari Maroko di Kongres FIFA.

Dalam pemungutan suara di Moskow, Rabu (13/6), sehari sebelum Piala Dunia Rusia 2018 dimulai,   ketiga negara memenangkan 134 suara (67 persen) dari 203 suara, sementara Maroko hanya meraih 65 suara (33 persen)

Piala Dunia 2026 akan menuju ke Amerika Utara untuk keempat kalinya dan akan menjadi yang pertama dengan 48 tim yang ambil bagian, demikian Al Jazeera melaporkan.

Bagi Maroko, ini adalah yang kelima kalinya mereka mengajukan tawaran untuk menjadi tuan rumah atas Piala Dunia sepak bola. Maroko menyebutnya “impian sebuah bangsa”.

AS telah menjadi tuan rumah Piala Dunia sebelumnya pada tahun 1994, sementara Meksiko menjadi tuan rumah pada tahun 1970 dan 1986.

Kanada sebelumnya tidak pernah menyelenggarakan Piala Dunia pria, tetapi pernah menyelenggarakan turnamen wanita pada tahun 2015.

Presiden Sepak Bola AS Carlos Cordeiro mengatakan, tawarannya akan menghasilkan $ 14 miliar dalam pendapatan dan menghasilkan keuntungan $ 11 miliar untuk FIFA, ditambah hasil dari penjualan tiket dan pendapatan perhotelan.

Meskipun akan menjadi turnamen pertama yang diselenggarakan oleh tiga negara, sebagian besar permainan akan diadakan di AS.

Sementara Piala Dunia 2022 akan berlangsung di Qatar untuk pertama kali. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)