AS, Kanada Sepakat Bantu Bangladesh Kelola Rohingya di Bhasan Char

Dhaka, MINA – Setelah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Amerika Serikat dan Kanada sepakat untuk memberikan bantuan kepada dalam proyek pulau untuk para pengungsi .

Menteri Luar Negeri Bangladesh Shahriar Alam mengatakan, AS dan Kanada telah menulis surat kepada pemerintahnya untuk menjanjikan bantuan. Bdnews24, Kamis (4/8).

“Bangladesh telah menanggung beban Bhasan Char. Bantuan baru ini akan sangat memudahkan sekarang,” ujarnya.

PBB awalnya keberatan dengan relokasi beberapa pengungsi Myanmar dari Cox’s Bazar ke pulau terpencil, Bhasan Char. Namun baru-baru ini PBB setuju untuk bekerja bagi para pengungsi yang direlokasi melalui badan pengungsi UNHCR.

Bhasan Char kemudian dimasukkan dalam Rencana Tanggapan Gabungan untuk mengelola pengungsi Rohingya, di mana PBB telah mengumpulkan $ 3,22 miliar sejak eksodus massal lebih dari 700.000 pengungsi dari Myanmar pada tahun 2017.

AS menyumbang $ 1,7 miliar tertinggi untuk rencana tersebut.

Banyak negara, termasuk AS dan Kanada, dan badan-badan internasional telah menyatakan keprihatinan tentang keselamatan Rohingya jika badai dan gelombang pasang melanda pulau terpencil di tengah laut itu.

Mereka juga khawatir apakah relokasi akan dilakukan secara sukarela.

Laporan dan kunjungan pejabat badan internasional menunjukkan bahwa para pengungsi yang direlokasi menjalani kehidupan yang lebih baik daripada kerabat mereka di kamp-kamp kumuh di Cox’s Bazar. Meskipun beberapa orang mencoba melarikan diri ke daratan.

Menlu Shahriar menambahkan, tempat penampungan yang dibangun untuk para pengungsi berkualitas tinggi dan tidak ada yang direlokasi di luar keinginan mereka. (T/RS2/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.