AS Kirim Utusan Desak Pembicaraan Damai Afghanistan

Washington, MINA – Amerika Serikat telah mengirim utusan khusus ke Afghanistan untuk mendesak pembicaraan damai antara pemerintah Afghanistan dengan Taliban.

Diplomat AS itu dijadwalkan mengunjungi Kabul dalam perjalanan dengan berhenti di lima negara, kata Departemen Luar Negeri AS. Jerusalem Post melaporkan, Ahad (26/7).

Perwakilan Khusus AS untuk Afghanistan Zalmay Khalilzad dijadwalkan melakukan perjalanan ke Kabul, Islamabad, Oslo dan Sofia, kata departemen itu.

AS sedang mengurangi jumlah pasukannya di Afghanistan berdasarkan perjanjian yang dicapai pada bulan Februari dengan Taliban.

Perjanjian tersebut bertujuan untuk membuka jalan bagi pembicaraan damai formal antara Taliban dan pemerintah Afghanistan, dan tugas Khalilzad adalah membawa kedua belah pihak ke meja perundigan.

Khalilzad berencana mendesak kesepakatan pertukaran tahanan dan pengurangan kekerasan, dua masalah yang menghambat kemajuan menuju dimulainya pembicaraan damai.

“Meskipun kemajuan signifikan telah dibuat pada pertukaran tahanan, masalah ini membutuhkan upaya tambahan untuk menyelesaikan sepenuhnya,” lanjutnya. (T/RS2/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)