AS Klaim Jatuhkan Dua Drone Iran Sepekan Terakhir

Jenderal Kenneth McKenzie, Komandan CENTCOM. (Foto: dok. Nahar Net)

USS Boxer, MINA – Sebuah kapal perang Amerika Serikat (AS) mungkin telah menjatuhkan dua pesawat tanpa awak (drone) Iran dalam perselisihan di Teluk sepekan terakhir, kata komandan pasukan regional AS, Selasa (23/7).

“Kami yakin kami menjatuhkan satu drone, kami mungkin telah menjatuhkan yang kedua,” kata Jenderal Kenneth McKenzie, Komandan CENTCOM, kepada kantor berita CBS dalam sebuah wawancara di atas kapal USS Boxer yang sebelumnya mengklaim menembak jatuh sebuah drone Iran.

“Seperti biasa, ini adalah gambaran taktis yang kompleks, kami yakin dua pesawat tak berawak. Kami yakin dua pesawat tak berawak berhasil – mungkin ada lebih banyak yang tidak kami ketahui – itu adalah dua yang kami jatuhkan dengan sukses,” kata McKenzie, demikian Nahar Net melaporkan.

CBS melaporkan, drone itu dilaporkan dijatuhkan oleh sinyal elektronik yang menonaktifkan kontrol penerbangannya. Satu drone menghilang dari radar militer AS sementara yang kedua terlihat jatuh ke air.

Namun, Iran yang bulan lalu menembak jatuh drone Global Hawk milik AS, membantah kehilangan pesawat dronenya, setelah Presiden Donald Trump mengumumkan bahwa kapal USS Boxer telah menjatuhkan satu drone Iran. (T/RI-1/RS3)

 

Mi’raj News Agency (MINA)