AS Lampaui 20 Juta Kasus COVID-19

Washington, MINA – telah melampaui jumlah 20 juta kasus yang dikonfirmasi, menurut penghitungan oleh Universitas Johns Hopkins, yang dinyatakannya sebagai peringatan suram ketika negara-negara lain berjuang untuk mendistribusikan vaksin.

AS, yang selama berbulan-bulan telah mencatat jumlah infeksi dan kematian tertinggi terkait dengan virus korona baru di dunia, mencatat lebih dari 20 juta infeksi pada hari Jumat (1/1), AlJazeera melaporkan.

Jumlahnya hampir dua kali lipat dari India, yang dengan lebih dari 10,2 juta kasus, infeksi terbanyak kedua di dunia, menurut Universitas Johns Hopkins.

AS telah melihat lonjakan infeksi COVID-19 selama musim liburan, karena pertemuan dan perjalanan lintas negara telah memicu penyebaran virus. Pejabat serta petugas layanan kesehatan telah memperingatkan bahwa rumah sakit sedang ditarik hingga batasnya.

Universitas Johns Hopkins melaporkan pekan ini bahwa AS mencatat rekor kematian satu hari tertinggi pada 30 Desember di 3.927. Negara itu sekarang telah mencatat lebih dari 346.000 kematian sejak dimulainya pandemi.

Angka terbaru datang ketika pemerintahan gagal mencapai tujuan akhir tahun untuk memberikan vaksin COVID-19 kepada 20 juta orang.

Sekitar 2,8 juta orang di AS telah menerima vaksin pada hari terakhir tahun 2020, menurut angka pemerintah, yang masih jauh dari target.

Trump telah menghadapi kritik luas atas penanganannya terhadap pandemi, yang merupakan masalah utama dalam pemilihan presiden AS pada November lalu yang membuat pemimpin Republik itu dikalahkan oleh Demokrat Joe Biden.

Biden mengkritik peluncuran vaksin pekan ini, mengatakan pada 29 Desember “upaya untuk mendistribusikan dan mengelola vaksin tidak berjalan sebagaimana mestinya”.

Presiden terpilih AS itu berjanji bahwa pemerintahannya akan mengadopsi tanggapan ilmiah berdasarkan fakta terhadap pandemi.

Hingga saat ini, AS telah menyetujui dua vaksin COVID-19 untuk penggunaan darurat: Dosis vaksin Pfizer-BioNTech dan Moderna Inc telah dikirimkan ke negara bagian di seluruh negeri.

Petugas kesehatan dan penghuni panti jompo jangka panjang termasuk yang pertama kali diinokulasi. (T/R7/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.