AS Latih 1.100 Prajurit Peshmerga untuk Operasi di Mosul

Erbil, , 15 Sya’ban 1437/23 Mei 2016 (MINA) – Kol. Steve Warren, Juru Bicara Operation Resolve Inherent (Oir) dari koalisi internasional pimpinan (AS) melawan kelompok Islamis State (), menegaskan bahwa 1.100 anggota Peshmerga Kurdi telah selesai pelatihan untuk operasi di , Irak.

“Di Erbil, 1.100 pejuang Peshmerga telah menyelesaikan pelatihan dalam 30 hari terakhir. Ada tambahan 1.100 dalam pelatihan sekarang,” kata Warren, demikian ARA News memberitakannya yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Namun, dia tidak mau mengatakan mereka sedang dilatih khusus untuk pertempuran di Mosul.

Selain itu, Warren mengatakan bahwa sekarang ada sekitar 20.000 hingga 25.000 pejuang ISIS di Irak dan Suriah.

“Jadi, 10 sampai 12.000 orang ada di Irak, mayoritas dari mereka terkonsentrasi di sekitar Mosul, di wilayah Tal Afar, di Provinsi Nineveh,” katanya tanpa merinci konsentrasi militan ISIS di Suriah.

Pada Maret 2016, untuk pertama kalinya pasukan Peshmerga menerima senjata dari AS, termasuk helm, rompi anti-peluru, peralatan perlindungan anti-kimia, peralatan medis, dan senapan M16.

Namun, Kolonel Bernd Prill, Komandan Pelatihan Pusat Koordinasi Kurdistan (KTCC), pada saat itu tidak bisa mengkonfirmasi bahwa Peshmerga sedang dilatih khusus untuk Mosul. (T/P001/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.