AS-Rusia Capai Kesepakatan Damai Suriah

Jenewa, 24 Dzulqa’dah 1437/27 Agustus 2016 (MINA) – Amerika Serikat (AS) dan Rusia mencapai kesepakatan untuk mengakhiri perang di Suriah dengan mengatakan, mereka akan mencoba dan menyelesaikan kesepakatan dalam beberapa hari mendatang.

Menteri Luar Negeri AS John Kerry mengatakan pada Jumat (26/8), pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov di Jenewa, Swiss, telah “mencapai kejelasan tentang jalan ke depan”.

Namun, kedua pihak masih harus mengajukan beberapa rincian tentang bagaimana cara mereka merencanakan kesepakatan penghentian permusuhan dan meningkatkan bantuan kemanusiaan di Suriah.

“Kami ingin memiliki sesuatu yang dilakukan dengan efektif dan yang bekerja untuk rakyat Suriah, yang membuat kawasan ini lebih stabil dan aman, dan membawa kita ke meja di sini di Jenewa untuk menemukan solusi politik,” kata Kerry, demikian Al Jazeera memberitakan yang dikutip MINA.

Status Presiden Suriah Bashar Al-Assad tidak termasuk dalam pembicaraan. Sebaliknya, diskusi difokuskan pada cara menemukan solusi yang efektif dan abadi untuk mengakhiri kekerasan, yang akan membuka negosiasi pada transisi politik di Suriah.

Awal tahun ini, Utusan Khusus PBB untuk Suriah Staffan de Mistura memperkirakan bahwa sedikitnya 400.000 orang telah meninggal selama lima tahun terakhir. (T/P001/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

http://aljazeera.com/news/2016/08/russia-close-reaching-syria-peace-agreement-160827041830873.html